Pengaruh Problem Posing dalam Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Aisha Dian Kusuma, Sri Dwiastuti, Muzzazinah Muzzazinah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem posing dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kreatif berdasar dari aspek fluency, fleksibility, originality dan elaboration. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain The Rendomized Posttest only Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari enam kelas dengan 201 siswa. Pengambilan sampel penelitian menggunakan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa dengan perlakukan problem posing dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E dan kelas XI IPA 5 yang memiliki 34 siswa sebagai kontrol dengan perlakuan  model pembelajaran Learning Cycle 5E. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Uji prasyarat hipotesis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah  uji  MANOVA dan pengujian lanjut menggunakan uji Tukey dengan taraf signifikansi 5% yang dibantu dengan program SPSS 22. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh problem posing dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kreatif berdasar dari aspek fluency, fleksibility, originality dan elaboration. Problem posing dalam model pembelajaran Learning Cycle 5E memberikan pengaruh terhadap aspek-aspek kemampuan berpikir kreatif mulai paling tinggi sampai paling rendah adalah pada aspek fluency dan  originality  dilanjutkan aspek flexibility dan elaboration.

Keywords

problem posing, model pembelajaran Learning Cycle 5E, kemampuan berpikir kreatif

Full Text:

PDF

References

Akay, H., & Boz, N. (2010). The Effect of Problem Posing Oriented Analyses-II Course on the Attitudes toward Mathematics and Mathematics Self-Efficacy of Elementary Prospective Mathematics Teachers. Australian Journal of Teacher Education, 35(1), 59–75.

Anwar, M. N., Aness, M., Khizar, A., Naseer, M., & Muhammad, G. (2012). Relationship of Creative Thinking with the Academic Achievements of Secondary School Students. International Interdisciplinary Journal of Education, 1(3), 1–4.

Badriyah, Jamaliatul. (2010). Penerapan Problem Posing pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII-C SMPN 4 Malang. Jurnal Pendidikan Matematika, FMIPA Universitas Negeri Malang.

Bybee, R. W., Taylor, J. A, Gardner, A., Van, P., Powell, J. C., Westbrook, A., Knapp, N. (2006). The BSCS 5E Instructional Model : Origins and Effectiveness. A Report Prepared For The Office Of Science Education and National Institutes of Health. Science. Colorado Springs. Retrieved From Www.Bscs.Org

Darkasyi, M., Johar, R., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Diktatik Matematika, 1, 21–34.

Ergin, I. (2012). “Constructivist Approach Based 5E Model and Usability Instructional Physics”. Latin American Journal Physics Education. 6, (1), 14-20.

Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills: A Guide To Evaluating Mastery And Authentic Learning. Usa: Corwin, A Sage Company

Index, C. (2015). The Global Creativity Index.

Kolin, M., Krusack, E.B., Stombaugh, A., Stow, R., and Brenner, G.H. 2011. “Designing “Learning” Lessons for the University Classroom.” Diunduh dari www.worcestes.edu/Currents/Archieves/Volume_4_Number_1/CURRENTSV4N1KolisP34.pdf. pada tanggal 3 Juni 2018.

Kuspriyanto, B., & Siagian, S. (2013). Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 134-258.

Munandar, Utami. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta

Polyiem, T., Nuangchalerm, P., & Wongchantra, P. (2011). Learning Achievement, Science Learning Achievement, Science Process Skills, and Moral Reasoning of Ninth Grade Students Learned by 7e Learning Cycle and Socioscientific. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 5(10), 257–264

Purnamaningrum, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Problem Based Learning ( PBL) pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X-10. Pendidikan Biologi, 4(9), 39–51.

Qarareh, A. O. (2012). The Effect of using the Learning Cycle Method in Teaching Science on the Educational Achievement of the Sixth Graders. International Journal of Education Science, 4(2), 123–132.

Rifqiawati, Ika. 2011. Pengaruh Penggunaan Pendekatan

Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Konsep Pewarisan Sifat. (Skripsi). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Risdiana, H., Suyatno, & Poedjiastuti, S. (2014). Implementasi Model 5E Learning Cycle untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 3(2), 367–375.

Saputro, E. H., Srirahayu, Y., & Hidayat, M. T. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis 5E Learning Cycle untuk Melatih. Pendidikan Sains, 5(2), 1001–1008.

Setiawan, A., & Sujadi, I. (2015). Eksperimentasi Model Learning Cycle 7 E dengan Problem Posing pada Materi Bangun Ruang Sisi. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–11.

Xia, X., Lü, C., & Wang, B. (2008). Research on Mathematics Instruction Experiment Based Problem Posing. Journal of Mathematics Education, 1(1), 153–163.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.