Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) dengan Permainan Puzzle untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Kartasura
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, A.M., Zubaidah, S., Aloysius, D., & Mahanal, S. (2017). Identifikasi Kemampuan Bertanya dan Berpendapat Calon Guru Biologi pada Mata Kuliah Fisiologi Hewan. Jurnal Bioedukasi. 15(1), 24-31
Arikunto, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Bumi Aksara
Astuti, Y. A. (2013). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sosiologi. Jurnal Ilmiah Sosialita UNS. 3 (1), 1-12
DeVries, D. (1976). Teams-Games-Tournament A Gaming Technique That Fosters Learning. Simulatin & Games Sage Publication Inc. 7(1), 21-33
Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rhineka Cipta
Fajri, L., Kus, S. M., & Agung, N. (2012). Upaya Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Kimia Materi Koloid Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) dilengkapi dengan Teka-Teki Silang bagi Siswa Kelas XI IPA 4 SMA NEGERIegeri 2 Boyolali pada Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 1(1), 89-96
Kemmis, S., & Mc Taggart, R. (2007). Participatory Action Research: Communicative Action and The Public Sphere. In N. Denzin & Y. Lincoln (Eds). Strategies of Qualitative Inquiry 3rd ed. Pp 271-330. Housand Oaks, CA: Sage
Keshta, A. S., & Al-Faleet, F. K. (2013). The Effectiveness of Using Puzzles in Developing Palestinian Tenth Graders Vocabulary Achievement and Retention. Journal Humanities and Social Sciences. 1(1), 46-57
Khohar, M. A., Ruminiati,& Munzil, 2016. Penerapan Teams Games Tournamentuntuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IVSDN Blabak 1 Kandat Kediri. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan.1 (9): 1869-1873
Megawati, Y. D. N., & Sari, A. R. (2012). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assited Individualization (TAI) dalam Menigkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Akuntasi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA NEGERIegeri 1 Banjarnegara Tahun Ajara 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia. 10(1), 162-180
Miles, M.B., & Huberman. A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode- Metode Baru (Terjemahan). Jakarta: Universitas Indonesia Press
Niko, E., & Mulyani. (2013). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Tema Keluarga pada Siswa Sekolah Dasar. JPGSD. 1(2), 1-10
Prilanita, Y., & Sukirno. (2017). Peningkatan Keterampilan Bertanya Siswa melalui Faktor Pembentuknya. Jurnal Cakrawala Pendidikan. 36(2), 244-256
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Purwati, Pratiwi, D.,& Mosik, 2013. Implementasi Teams Games Tournament Berbasis Percobaan Fisika Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Peserta Didik. Unnes Physics Education Journal. 2 (1): 45-53
Sardiman, A. M. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Sari, D. N., Nanik, D. N.,& Tri, R, 2016. Penerapan Pembelajaran Team Games Tournaments dengan Bantuan Chemimagz untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Kimia Koloid Kelas XI IPA 3 Semester Genap SMA Negeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 5 (1): 64- 70
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rhineka Cipta
Slavin. (2005). Cooperative Learning: Theory, Research and Practice. London: Allymand Bacon
Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sudjana, N. (2010). Model- Model Mengajar CBSA. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sutopo, H. B. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press
Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Suyono, & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Syahrial, S. (2017). Analysis of the Effectiviness of Project Based Learning Model in Mathematics Learning: Viewed From Learning Activities. International Conference on Education. 1(01), 1-6
Tyasning, D. M., Haryono & Nanik, D. N. (2012). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dilengkapi LKS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Minyak Bumi pada Siswa Kelas X-4 SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 1(1), 26-33
Vitasari, R., Joharman, & Kartika, C. (2016). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Negeri Kutosari. Jurnal Kalam Cendekia PGSD Kebumen UNS. 4(3), 1-8
Wicaksono, H. R., Santoso, S., & Hamidi, N. (2013). Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT dengan Media Permainan Puzzle untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi UNS. 1(2), 1-10
Widhiastuti, R., & Fachrurrozie. (2014). Teams Games Tournament (TGT) Sebagai Metode untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kemampuan Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan. 9(1), 48-56
Yamin, M. (2007). Profesionalisme Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press
Yudianto, W. D., Kamin, S., & Ega, T. B. (2014). Model Pembelajaran Team Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Journal of Mechanical Enginering Education. 1(2), 323-330
Refbacks
- There are currently no refbacks.