Perbedaan Berpikir Kritis Siswa Antara yang Menggunakan Model Inquiry Based Learning dengan Model Problem Based Learning Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apriana, E., & Anwar. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Konsep Dampak Pencemaran Lingkungan Terhadap Kesehatan. Jurnal Biotik, 2 (2), 77-137.
Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arnyana, I.B.P. (2006). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif Pada Pelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, (3), 496-515.
Ennis, R.H. (1985). A Logical Basic For Measuring Critical Thinking Skills. EducationalLeadership, 43 (2), 44-48.
Gunantara, G. (2014).Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V.Jurnal Mimbar PGSD Universits Pendidikan Ganesha,2(1).
Gunawan, A. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Negeri 2 Metro. Skripsi Pendidikan Biologi Fkip Universitas Muhammadiyah Metro.
Malyani, I.P., & Cintamulya, I. (2017). Analisis Berpikir Kritis Siswa yang Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif pada Pembelajaran Biologi melalui Model Think Talk Write (TTW) dengan Media Limbah Pengolahan Hasil Laut.Proceeding Biology Education Conference, 14 (1), 546-550.
Nikmah, I.N., & Cintamulya, I. (2017). Analisis Berpikir Kritis Siswa yang Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif pada pembelajaran Biologi melalui Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Puzzle. Proceeding Biology Education Conference, 14 (1), 551-555.
Nur, A., Kundera, I.N., & Tangge, L.N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Gaya Kognitif Terhadap hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas XI IPA MAN 2 Model Palu. E-Jurnal Mitra Sains, 4 (4), 57-66.
Nuraeni, N., & Cintamulya, I. (2017).Memberdayakan Berfikir Kritis Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Media Power Point Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Proceeding Biology Education Conference, 14 (1), 471-475.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No, 21 Tahun 2016 tentang Kompetensi pada Kurikulum 2013. (2016). Jakarta: Kemdikbud.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No, 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses. (2013). Jakarta: Kemdikbud.
Riyana, E. (2012). Gaya Kognitif Dalam Pembelajaran, (Online), http://Endri riyatul.Blogspot.Co.Id/2012/03/Gaya-KognitifDalamPembelajaran.Html? M=1., diakses 14 Februari 2018.
Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Septiana, Q.I., & Cintamulya, I. (2017). Analisis Berpikir Kritis Siswa yang Bergaya Kognitif Reflektif dan Impulsif pada Pembelajaran Biologi melalui Model Think, Talk, Write (TTW) dengan Media Gambar. Proceeding Biology Education Conference, 14 (1), 556-561.
Setyawati, L.R. (2016). Analisis Persamaan dan Perbedaan Model Pembelajaran Inquiry, Discovery, Problem Based Learning, dan Project Based Learning. tugas mata kuliah Telaah kurikulum. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sufairoh. (2016). Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional, 5 (3), 122-124.
Suprayitno, A. (2017). Gaya Kognitif, (Online),https://Blog.Igi.Or.Id/Gayakognitif.Html., diakses 14 Februari 2018.
Warli.(2013).Kreativitas Siswa Smp Yang Bergaya Kognitif Reflektif Atau Impulsif Dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 20 (2), 190-201.
Warli. (2010). Profil Krativitas Siswa Yang Bergaya Kognitif Reflektif Dan Siswa Yang Bergaya Kognitif Impulsif Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Disertasi. Pps Unesa Surabaya.
Warli. (2010). Instrument Matching Familiar Figures Test (MFFT). Dok Istru/Warli/2010.
Refbacks
- There are currently no refbacks.