Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI YPPI 1945 Babat pada Materi Zat Tunggal dan Campuran

Umi Mahmudatun Nisa

Abstract

Based on the curriculum used, There are several intermediate material yangsudah first appears in the primary level.One is the material single substances and mixtures. Although the subjects used are thematic, it still contained IPA subjects and discuss about the single substances and mixtures.Based on conditions in the field, while giving material about the single substances and mixtures, much of the vocabulary and sentences difficult to understand by students of elementary school level, so that to understand a material, they need a demonstration of the material through lab course.This research aims to 1) improve understanding and student learning outcomes as well as 2) know the response of the students against the methods used.This research uses experimental design pre one short case study, by giving 1 on 1 class i.e. treatment aimed at the class V with 22 students number of students.The instrument used was a test and question form to know the response of the students on the usage of the method of teaching.The success of the use of this method is assessed from a large number of students who scored above the KKM Maple IPA i.e. 70.And the result is the students get there 86-100 value 45.4%, a value 70-85 there are 36.4%, a value 55-69 there are 18.2%, and the value of the 0-54 there is 0%, then retrieved the success of classical they are 81.8% so show good results, while the student response against the method of teaching is 75% > students feel happy with this method.

Keywords

single Substances and mixtures, the understanding and the results of learning, teaching method

Full Text:

PDF

References

Amin, Suci J. 2015. Penerapan Metode Praktikum untuk Menilai Keterampilan Genarik Sains Siswa Kelas X pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan di SMAN 1 Losarang. Skripsi. IAIN Cirebon Unpublished

Ani Hastuti.2013. Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Motivasidan Hasil Belajar Biologi Materi Pokok Sistem Reproduksi Manusia. Yogyakarta: UIN SunanKalijaga Yogyakarta.

Anwar a. Rahman.2014. Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum Terhadap hasil Belajar dan Kemampuan Kerja Ilmiah Siswa Pada Konsep Sitem Peredaran Darah di SMA Negeri 2 Peusangan. Jurnal Edu BioTropika, Volume 2, Nomor 1, April 2014.

Arsyad, A.2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja grafindo Persada.

Balram, Ram._.Pengaruh Metode Praktikum Disertai Feedback Terhadap Hasil Belajar dan Respon Siswa Kelas X pada Materi Larutan._

Fakhrrazie, Fathony.2016. Pengaruh Pembelajaran Metode Praktikum pada Materi Laju Reaksi Terhadap Hasil Belajar Siswa MAN Mempawah.Skripsi Universitas Tanjungpura Pontianak. Unpublished

Hamid Darmadi. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

irianto, a. 2011. statistik konsep dasar, aplikasi, dan pengembangannya. Jakarta: kencana prenada media group.

Latif, Abdul.2007. Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan. Bandung:Refica Aditama

Liliasari. 2011. Pengembangan Keterampilan Generik Sains Siswa untuk Meningkatkan Kemampuan Berikir Kritis Peserta Didik. [Jurnal].Bandung: Tidak Diterbitkan.

Mulyadi. 2010. Evaluasi Pendidikan, Pengembangan Model Evaluasi PendidikanAgama Islam di sekolah. Malang: UIN Maliki Press.

Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Novianti, R. Nur. 2011. ISSN. Kontribusi Pengelolaan Laboratorium dan MotivasiBelajar Siswa Terhadap Efektivitas Proses Pembelajaran. No. 1, hal 158 –166.

Oktavia, Inge Purwati dkk. 2012. Hubungan tingkat Intensitas dan Kualitas Kegiatan Praktikum di Laboratorium Biologi kabupaten Biologi dengan Hasil Belajar Siswa SMAN di Kabupaten Situbondo.Artikel Ilmiah Mahasiswa. Universitas Negeri Jember. Unpublished

Rahman, T., Nuryani Y Rustaman, Nana Syaodih Sukmadinata, Anna Poedjaji.2004. Program Pembelajaran Praktikum Berbasis Kemampuan Generik( P3BKG) dan Profil Pencapaiannya. Hal 1-17.

Rustaman, N.2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung:Universitas Pendidikan Indonesia. Ch 37

Rustaman, N. Y. (2010). “Pengembangan Pembelajaran Sains Berbasis Kemampuan Dasar Bekerja Ilmiah”. Dalam

Sapto Haryoko, 2011. Cakrawala Pendidikan Efektifitas Strategi Pemberian Umpan Balik terhadap Kinerja Praktikum. Makasar: UNM

Seruni&Hikmah, 2014. Pemberian Umpan Balik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat BelajarMahasiswa. Jurnal Formatif 4(3): 227-236, 2014 ISSN: 2088-351X.

Susanti, Rahmi.2013. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Praktikum Fotosinteses dan Respirasi untuk Meningkatkan Kemampuan Generik Sains Mahasiswa Biologi FKIP Universitas Riau. Jurnal Nasional. Palembang:Unpublished

Sagala, Saiful.2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung:Alfabeta.

Uno, Hamzah B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT BumiAksara.

Topik Hidayat et al., (Eds.). Teori, Paradigma, Prinsip, dan Pendekatan Pembelajaran MIPA dalam Konteks Indonesia. Bandung: FPMIPA, 211-247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.