Pengembangan E-Learning Mitigasi Bencana untuk Meningkatkan Keterampilan Reasoned-Decision Making pada Siswa Sekolah Dasar

Sartika Yolanda, Yunus Abidin, Dede Trie Kurniawan

Abstract

Indonesia negara dengan tingkat kebencanaan yang tinggi, sehingga menimbulkan ancaman serius bagi anak-anak karena mereka termasuk kelompok paling rentan terhadap dampak yang ditimbulkan. Di sisi lain, belum terbentuknya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Kota Bandung menyebabkan upaya pengembangan kemampuan mitigasi bencana, khususnya bagi anak-anak, masih sangat terbatas. Mengingat kemampuan mereka dalam menganalisis situasi dan mengambil keputusan masih terbatas, maka diperlukan pembelajaran yang dapat menumbuhkan keterampilan reasoned-decision making. Keterampilan ini penting untuk membantu siswa dalam memilih tindakan yang bijak, baik saat menghadapi situasi bencana maupun dalam kehidupan sehari-hari, terutama di tengah derasnya arus informasi di era digital saat ini. Pendidikan formal berperan dalam pendidikan preventif untuk membentuk masyarakat yang tangguh bencana. Penelitian ini mengembangkan media e-learning untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan keterampilan reasoned decision-making siswa sekolah dasar di Kota Bandung menggunakan model pengembangan (D&D) dan metode SUS sebagai alat ukur kegunaan. Hasil uji validasi memperoleh nilai baik, dan hasil uji SUS mendapatkan nilai 69 dengan nilai D dan atau dikategorikan sebagai "OK", dan menunjukkan bahwa itu dapat diterima secara marginal, dan mendapat klasifikasi “High”. Aspek yang belum terpenuhi dalam media ini adalah pengguna yang perlu membiasakan diri terlebih dahulu dengan adanya teknologi dalam seluruh rangkaian pembelajaran.

Keywords

e-learning; media pembelajaran; mitigasi bencana; reasoned-decision making

Full Text:

PDF

References

AhmedAbdulatif, S., & Muh. Husen Arifin. (2023). Pengembangan Media Buku Cerita Digital Pada Pembelajaran IPS Materi Kerajaan Islam Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1610–1623. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7200

Ananda Hadi Elyas. (2018). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN. Jurnal Warta Edisi, 56.

Arifa, F. N. (2018). MITIGASI BENCANA PADA SEKTOR PENDIDIKAN FORMAL.

BNPB. (2008). Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 4 Tahun 2008 Tentang Pedoman Pembentukan Badan Penanggualangan Bencana Daerah.

Daud, F., Adnan, Bahri, A., & Arifin, A. N. (2020). Modul Pelatihan Mitigasi Bencana.

Duffy, J. F. (n.d.). Reasoned Decisionmaking vs. Rational Ignorance at the Patent Office.

Dwi Puspitasari, W., & Febrinita, F. (2021). PENGUJIAN VALIDASI ISI (CONTENT VALIDITY) ANGKET PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING MATAKULIAH MATEMATIKA KOMPUTASI. Focus ACTion Of Research Mathematic, 4(1), 2021. https://doi.org/10.30762/factor-m.v4i1.3254

Endarwati, M. C., Imaduddina, A. H., Widodo, W. H. S., Fitria, L. M., & Giffari, R. A. (2016). Buku-3 Kota Bandung Menuju Kota Tangguh Bencana dan Berketahanan Iklim_reduce OK.

Fitri, T. R., Djamil, M., & Muthia, R. (2023). PENGETAHUAN DAN SIKAP KESIAPSIAGAAN ANAK USIA SEKOLAH SETELAH DIBERIKAN SIMULASI GEMPA BUMI. Jurnal Keperawatan Priority, 6(1).

Freeley, A. J. ., & Steinberg, D. L. . (2009). Argumentation and debate : critical thinking for reasoned decision making. Wadsworth/Cengage Learning.

Goreti Raga Moi, M., Yuliana Kua, M., Wayan Suparmi, N., & Mahendra, N. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PAPAN PINTAR PADA MATERI EKOSISTEM SISWA KELAS V SDI DHEREISA. 5(1), 314–324. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal

Hamid, N., Liesnoor Setyowati, D., Juhadi, J., Sugeng Priyanto, A., Rohmah Wijayanti, N., & Norma Aroyandini, E. (2021). Peran Pendidikan Formal, Keluarga, dan Masyarakat dalam Pendidikan Bencana. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/

Hevner, A., R, A., March, S., T, S., Park, Park, J., Ram, & Sudha. (2004). Design Science in Information Systems Research. Management Information Systems Quarterly, 28, 75.

Ina Magdalena, Andriyanto, & Rezi Reki Refaldi. (2020). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING MENGGUNAKAN WHATSAPP SEBAGAI SOLUSI DI TENGAH PENYEBARAN COVID-19 DI SDN GEMBONG 1. As-Sabiiqun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2.

Indar Sawitri, J., Novita Br Karo Sekali, T., Mutiara Br Barus, C., Adinda Sahara, R., Cantika Budi, V., & Muslim Nusantara Al Washliyah, U. (2024). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Improving the Quality of Learning by Using Interactive Learning Media. POTENSI: Jurnal Pengabdian Kepada MASyarakat. https://journal.feb.undaris.ac.id/index.php/PotensiAbdimas

Juhadi, & Herlina, M. (2020). Pendidikan Literasi Mitigasi Bencana Di Sekolah.

Kristian, I., & Setyasih, E. T. (2023). URGENSI MEMASUKAN KURIKULUM BENCANA DI SEMUA LEVEL PENDIDIKAN DI INDONESIA. In Jurnal Ilmu Sosial (Vol. 21, Issue 1). http://jurnaldialektika.com/

Kurniawan, E., Nata, A., & Royal, S. (2022a). PENERAPAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) DALAM PENGUKURAN KEBERGUNAAN WEBSITE PROGRAM STUDI DI STMIK ROYAL. In Journal of Science and Social Research (Issue 1). http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR

Kurniawan, E., Nata, A., & Royal, S. (2022b). PENERAPAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) DALAM PENGUKURAN KEBERGUNAAN WEBSITE PROGRAM STUDI DI STMIK ROYAL. In Journal of Science and Social Research (Issue 1). http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JSSR

MAIPARK. (2020). KAJIAN RISIKO TSUNAMI MEGATHRUST SELATAN JAWA S E R I B U K U S A K U 2 0 2 0. http://www.

Muljo, A., & Helmi, F. (2007). SESAR LEMBANG DAN RESIKO KEGEMPAAN. In Bulletin of Scientific Contribution (Vol. 5, Issue 2).

Peffers, K., Tuunanen, T., Rothenberger, M., & Chatterjee, S. (2007). A design science research methodology for information systems research. Journal of Management Information Systems, 24, 45–77.

Permendikbud-No.109-Tahun-2013. (2013). PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN JARAK JAUH PADA PENDIDIKAN TINGGI DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA.

Prasetyo, K. (2023). Model INTEGRASI materi BENCANA DALAM IMPLEMENTASI DI SEKOLAH.

Puspitasari, N., Khotimah, K., & Ahdhianto, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Berbentuk Mind Mapping Berbantuan QR Code Materi ASEAN Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(12), 1160–1174. https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1160-1174

Richey, R., & Klein, J. (2014). Design and Development Research: Methods, Strategies, and Issues. https://doi.org/10.4324/9780203826034

Saddam Akbar, J. (2023). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ERA DIGITAL. https://www.researchgate.net/publication/376271021

Siahaan, S. (2008). Mengapa Harus Menggunakan E-learning dalam Kegiatan Pembelajaran?

Suarmika, P. E., & Utama, G. (2017). Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia Volum 2 Nomor 2 bulan. 18–24.

Suhartono, & Melinda, F. (2024). ANTISIPASI ANCAMAN BENCANA GEMPA MEGATHRUST.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.