Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Keterampilan Diskusi dan Komunikasi pada Materi Ekosistem
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, R. A. ., Mursalin, S. ., & Muhsam, J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Tai (Team Assisted Individualization) Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 103–110. https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i1.413 Anfa’u, S. A., & Moesarofah. (2020). Pengaruh Teknik Diskusi Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research, 4(2), 64–69. Aningsih, Mujiani, D. ., & Anggraeni, K. . (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(3), 2074–2087. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7690 Aulia, T., Titin, T., & Wahyuni, E. S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization di Kelas VII MTs AL-Muhajirin Rasau Jaya. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 229–241. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.318 Lasaiba, I. (2023). Menggugah Kesadaran Ekologis: Pendekatan Biologi Untuk Pendidikan Berkelanjutan. Jurnal Jendela Pengetahuan, 16(2), 143–163. https://doi.org/10.30598/jp16iss2pp126-146 Novitasary, R. R. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 4(2), 100–112. https://doi.org/10.26740/jipb.v4n2.p100-112 Ramdani, N. G., Fauziyyah, N., Fuadah, R., Rudiyono, S., Septiyaningrum, Y. A., Salamatussa’adah, N., & Hayani, A. (2023). Definisi Dan Teori Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 2(1), 31. https://doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(1).20-31 Rizki, I. Y., Surur, M., & Noervadilah, I. (2021). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing (Guide Inquiry) terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa. Jurnal Visipena, 12(1), 124–138. https://doi.org/10.46244/visipena.v12i1.1433 Rose, A. E., Nency, A., Sudira, E., Haria, Y., & Suryanda, A. (2024). Eksplorasi Strategi Inovatif Pembelajaran Biologi di Abad 21. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 102–107. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i1.2270 Safitri, M., Arifin, S., & Wathoni, L. M. N. (2023). Strategi Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Praya. Manazhim, 5(2), 607–627. https://doi.org/10.36088/manazhim.v5i2.3300 Sugianti, R., Rismawati, R., & Suhendi, E. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Siswa dengan Menggunakan Model Koopratif Tipe Team Assisted Individualization (TAI). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4566–4571. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2320 Yarmasi, Fonna, M., & Mursalin. (2020). The Influence of Cooperative Learning Model Type Team Assisted Individualized of Interactive Media Assistance to Students’ Communication Ability. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(9), 813–820. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i9.3303
Refbacks
- There are currently no refbacks.
