Hubungan Status Gizi dan Prestasi Belajar
Abstract
Latar belakang
Gizi merupakan salah satu faktor penentu utama kualitas Sumber Daya Manusia. Pemberian gizi yang kurang baik terutama terhadap anak dan remaja, akan menurunkan potensi sumber daya pembangunan masyarakat. Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar pada mahasiswa Diploma Kebidanan FK UNS tahun akademik 2018/2019.
Metode
Penelitian ini menggunakan desain observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah mahasiswa prodi Sarjana Terapan Kebidanan FK UNS tahun akademik 2018/2019 yang hadir saat pengambilan data dan bersedia menjadi subjek penelitian. Data status gizi diperoleh melalui pengukuran indeks massa tubuh (BB/TB), prestasi belajar dari nilai indeks prestasi pada sistem informasi akademik. Skala data kategorik dianalisis menggunakan uji sommers'd dengan bantuan program SPSS 21.
Hasil
Pengukuran status gizi menunjukan terdapat tiga mahasiswa dengan kategori kurus, lima orang gemuk dan sembilan belas normal. Mayoritas subjek dalam derajat kriteria 4 dengan indek prestasi 3,31 – 3,70.
Simpulan
Terdapat hubungan signifikan antara status gizi dan prestasi belajar dengan arah korelasi positif. Mahasiswa hendaknya memperhatikan status gizi agar memperoleh prestasi yang semakin baik
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Almatsier S. 2011. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama pp. 1-13
Cakrawati. 2012. Bahan Pangan, Gizi dan Kesehatan. Bandung : Alfabeta pp. 55
Daniar I. 2009. Pengaruh Status Gizi Terhadap Prestasi Akademik Siswa Usia 10-12 Tahun Di SDN Ngagel. Skripsi : UNAIR
Gibney M. 2009. Gizi Kesehatan Masyarakat. Jakarta : EGC pp.132
Gibson, Rosalinds. 2005. Principles Of Nutritional Assessment Second Edition. New York : Oxford University
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2010. Riset Kesehatan Dasar http://www.riskesdas.litbang.depkes.go.id/download/TabelRiskesdas2010.pdf( 5 Januari 2014)
Lentini, Banun, and Ani Margawati. "Hubungan Kebiasaan Sarapan Dan Status Hidrasi Dengan Konsentrasi Berfikir Pada Remaja." Journal of Nutrition College, vol. 3, no. 4, 2014, pp. 631-637.
Masruroh, Aulia. "Pengaruh Status Gizi, Konsumsi Pangan dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika." Formatif, vol. 6, no. 3, 2016, doi:10.30998/formatif.v6i3.994
Nurzia, Nia. "Pengaruh Status Gizi, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Kampus terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Semester III Akademi Keperawatan Prima Jambi Tahun 2016." Scientia Journal, vol. 7, no. 1, 2018, pp. 65-76.
Silaban, Sri D. J., et al. "Hubungan Status Gizi (Imt/u) dengan Indeks Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Teuku Umar Kota Semarang 2016." Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, vol. 5, no. 1, 2017, pp. 315-321.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta pp. 76-88
Supariasa. 2012. Penilaian Status Gizi. Jakarta : EGC pp. 17, 32 – 79
WHO. 2008. Modul Pelatihan Penilaian Pertumbuhan Anak. Jakarta : DepKes pp. 1, 14, 24
Yeni. 2013. Hubungan Status Gizi dan Jenis Kelamin dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas II SDN 56 kota Lubuklinggau. Skripsi : Poltekkes Palembang
Yaco, Nursiah, and Urwatil W. Abidin. "Hubungan Status Gizi dengan Prestasi Belajar pada Siswa di SMK Negeri 1 Polewali Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar." Jurnal Kesehatan Masyarakat, vol. 4, no. 2, 2018, pp. 102-112
Sari, Verani P. "Perbedaan Prestasi Belajar antara Anak Sekolah Dasar Penderita Obesitas dan Status Gizi Normal (Studi Penelitian pada Siswa Sekolah Dasar Kelas 3 - 5 di SD Nasima Kecamatan Semarang Barat Tahun 2012)" Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, vol. 1, no. 2, 2012.
DOI: https://doi.org/10.20961/placentum.v9i1.45151
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike International 4.0 (CC BY-SA 4.0).