Penyuluhan Persiapan Menghadapi Menopause

Agus Eka Nurma Yuneta, Hardiningsih Hardiningsih, Fresthy Astrika Yunita, Endang Sutisna Sulaeman

Abstract


Latar belakang: Pada era Globalisasi sekarang ini kesehatan menjadi hal yang sangat berharga. Terutama pada kesehatan reproduksi yang sekarang ini menjadi perhatian dunia. WHO menyatakan, di Asia pada tahun 2025 jumlah wanita yang berusia lanjut akan meningkat dari 107 juta jiwa menjadi 373 juta jiwa. 18% di Cina dan 10% perempuan di Jepang dan Indonesia 40% merasa hot flashes saat menghadapi menopause.

Tujuan pengabdian: Memberikan Penyuluhan Persiapan Menghadapi Menopause kepada para ibu ibu tentang bagaimana gejala dan cara menghadapi menopause.

Metode pengabdian : Persiapan Menghadapi Menopause ini dilakukan melalui koordinasi dengan bidan wilayah, masyarakat dan personil yang terlibat dalam kegiatan untuk selanjutnya melakukan penyuluhan persiapan menghadapi menopause ibu-ibu desa Wonorejo kabupaten Karanganyar

Hasil pengabdian: Telah dilakukan penyuluhan persiapan menghadapi menopause.

Kesimpulan dan saran: Kegiatan penyuluhan tentang persiapan menghadapi menopause telah dilakukan.di Gedung pertemuan Wonorejo. Warga sangat antusias mengikutinta dan sebaiknya tenaga kesehatan dapat melakukan penyuluhan rutin pada ibu ibu premenopause, menopause dan di harapkan setelah mendapat penyuluhan dapat memahami persiapan menghadapi menopause.

 

 


Keywords


Menopause; Persiapan; Konseling

Full Text:

PDF
rticle

References


Lannywati (2009). Seluk Beluk Menopause. Media Peneliti Dan Pengembang.Kesehatan. Volume XIX Nomor 4.

Sylwia, et.al (2014). Effects of Socio-Demographic, Personality and MedicalFactors on Quality of Life of Postmenopausal Women. Int. J. Environ. Res. Public Health. Volume 11.

Irianto (2014). Gizi Seimbang dalam Kesehatan Reproduksi. Bandung: Alfabeta.

Elsayed & shokry (2012). Menopausal symptoms and the quality of life amongpre/post menopausal women from rural area in Zagazig City. Life Science Journal. 9(2);283-91.

Lombogia, moudy (2014). Hubungan Perubahan Fisik dengan Kecemasan Wanita Usia 40-50 Tahun dalam Menghadapi Menopause di Kelurahan Papusungan Kecamatan Lembeh Selatan. Juiperdo,vol,3. No,2.

Bappenas (2013). Proyeksi Penduduk indonesia 2010-2035. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Kronenberg Fredi. (2010). Menopausal Hot Flashes: A Review of Physiology and Biosociocultural Perspective on Methods of Assessment. The Journal of Nutrition. Clayman Institute for Gender Research Stanford University. CA 94305.

Spencer, R, F., & Brown, P. (2007). Simple Guides Menopause. Jakarta: Erlangga.

Proverawati, Atikah dan Sulistyawati, Emi. (2010). Menopouse dan Sindrom Premenopause. Yogyakarta : Numed.




DOI: https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya

View My Stats

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike International 4.0 (CC BY-SA 4.0).