HUBUNGAN KADAR HEMOGLOBIN DAN LINGKAR LENGAN ATAS DENGAN NILAI HASIL BELAJAR PADA MAHASISWI PRODI S-1 ILMU GIZI ANGKATAN 2014 UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKARTA

Dewi Shinta, Wahyu Rochdiat, Sukmawati Sukmawati

Abstract

Latar Belakang : Status gizi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi proses belajar pada peserta didik terutama nilai hasil belajar yang didapatkan. Penilaian status gizi secara langsung dilakukan dengan antropometri, biokimia, klinis dan biofisik. Berdasarkan studi pendahuluan pada 10 mahasiswi didapatkan bahwa sebanyak 3 mahasiswi dengan kadar hemoglobin normal memiliki nilai IP semester II baik dan 5 mahasiswi dengan lingkar lengan atas normal memiliki nilai IP semester II baik. Mengetahui hubungan kadar hemoglobin dan lingkar lengan atas dengan nilai hasil belajar pada mahasiswi S-1 Ilmu Gizi angkatan 2014 Universitas Respati Yogyakarta.

Subjek dan Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian Korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling dengan jumlah sampel 32 responden. Data dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson dan Spearman.

Hasil : Mean kadar hemoglobin responden yaitu 13,01 gr/dL, mean lingkar lengan atas yaitu 25,50 cm, dan mean nilai hasil belajar yaitu 70,75. Hasil uji korelasi Pearson antara kadar hemoglobin dengan nilai hasil belajar p=0,005 (< 0,05) dengan tingkat keeratan r=0,486. Hasil uji korelasi Spearman antara lingkar lengan atas dengan nilai hasil belajar p=0,803 (> 0,05).

Kesimpulan : Ada hubungan yang signifikan antara kadar hemoglobin dengan nilai hasil belajar pada mahasiswi prodi S-1 Ilmu Gizi angkatan 2014 Universitas Respati Yogyakarta, dengan keeratan hubungan sedang. Tidak ada hubungan yang signifikan antara lingkar lengan atas dengan nilai hasil belajar pada mahasiswi prodi S-1 Ilmu Gizi angkatan 2014 Universitas Respati Yogyakarta.

Keywords

Kadar hemoglobin; Lingkar Lengan Atas; Nilai Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References

Adriani M, Wirjatmadi B. Peranan Gizi Dalam Siklus Kehidupan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group; 2013.

Arisman. Gizi Dalam daur Kehidupan, Ed. 2. Jakarta : EGC; 2010.

Badriah DL. Gizi Dalam Kesehatan Reproduksi. Bandung : PT Refika Aditama; 2011.

Departemen Gizi dan Kesehatan Masyarakat FKMUI. Gizi Dan Kesehatan Masyarakat. Depok : PT Raja Grafindo Persada; 2014

FIKES UNRIYO. Panduan Akademik FIKES UNRIYO. Yogyakarta : UNRIYO; 2015.

Harmili. Hubungan status gizi dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswa keperawatan angkatan 2012 Universitas Respati Yogyakarta. Skripsi. Universitas Respati Yogyakarta; 2015.

Istiany A, Rusilanti. Gizi Terapan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya; 2013.

Lestari JW. Hubungan Antara Persentase Lemak Tubuh, Indeks Massa Tubuh Dan Kadar hemoglobin Dengan Tes Tulis Siswa SMA IPIEMS Surabaya. AtroUnairdotNet. 2016;6(1). http://journal.unair.ac.id.

Maleke V. Hubungan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Modoinding. Jurnal e-Clinic (eCl). 2015;3(3). http://ejournal.unsrat.ac.id.

Maryam S. Gizi Dalam Kesehatan Reproduksi. Jakarta : Salemba Medika; 2015.

Momongan MMH, Punuh MI, Kawatu PAT. Hubungan Antara Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri 7 Manado. Pharmacon Jurnal Ilmiah Farmasi-Unsrat. 2016;5(2). http:// http://ejournal.unsrat.ac.id.

Muzayyaroh, Suyati. Hubungan Kadar Hb (Haemoglobin) Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswi Prodi D-Iii Kebidanan Fik Unipdu Jombang. Jurnal KesMaDaSka – Juli 2018.

Prananingrum R, Reza DA. Analisis Kadar Hemoglobin Dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswi. University Research Colloqium 2018 STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta; 2018.

Simanjuntak, Julita. Hubungan Kadar Hemoglobin Pada Remaja Putri Dengan Hasil Belajar Di MTS Assalam Wilayah Kerja Puskesmas Rimbo Bujang II Tahun 2018. Scientia Journal. 2018;7(2).

Sudisa A, Dewi R. Hubungan Kejadian Anemia Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Remaja Putri Kelas XI SMA Negeri 1 Tanjungsari Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Jurnal Unisa; 2017.

Supariasa IDN., Bakri B., Fajar I. Penilaian Status Gizi. Jakarta : EGC; 2012.

Syah M. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya; 2014.

Syah M. Psikologi Belajar. Depok : PT Rajagrafindo Persada; 2015.

Yuni NE. Kelainan Darah. Yogyakarta : Nuha Medika; 2015.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.