CIVIC ENGAGEMENT PADA KOMUNITAS PENGGEMAR KOREAN-POP DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL

Indah Mayasari, Erna Yuliandari, Rini Triastuti

Abstract

Latar belakang permasalahan yaitu sebagai akibat dari pengaruh globalisasi yaitu dengan masuknya budaya asing yang berasal dari Korea Selatan. Masuknya budaya ini mengakibatkan munculnya kelompok penggemar budaya korea yang biasa disebut fandom. Penggemar K-Pop memiliki kesulitan dalam mengendalikan perilaku dan emosinya ketika ada seseorang yang mengejek idolanya. Penggemar K-Pop yang memiliki keterlibatan sosial rendah hingga menarik diri dari lingkungan sosial cenderung menghabiskan waktu fokus pada idolanya melalui media sosial. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui bentuk civic engagement pada komunitas Indonesian BTS ARMY Solo Raya dalam meningkatkan kepedulian sosial, (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi hambatan dalam menjalankan kegiatan di komunitas Indonesian BTS ARMY Solo Raya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini diperoleh dari informan (pengelola dan anggota komunitas Indonesia BTS ARMY Solo Raya dan arsip atau dokumen berupa foto yang telah dibagikan di media sosial. Keterlibatan Indonesian BTS ARMY Solo Raya dalam meningkatkan kepedulian sosial penggemar Korean-Pop yaitu dengan mengadakan berbagai kegiatan seperti kegiatan donasi maupun acara volunteer. Faktor yang menjadi hambatan dalam menjalankan kegiatan di komunitas Indonesian BTS ARMY Solo Raya (Indomysolar) ialah faktor dari internal berupa keterbatasan sumber daya terutama dalam hal pengumpulan hasil penggalangan dana yang belum mencapai target yang diinginkan, kurangnya partisipasi para anggota karena kesibukan lain, adanya perbedaan pendapat yang dapat menghambat kelancaran suatu kegiatan, kurangnya manajemen yang efektif dalam komunitas sehingga dapat menyebabkan kurangnnya efisiensi dan efektivitas dalam pelaksanaan kegiatan, kurangnya publikasi dan promosi menyebabkan kurangnya partisipasi masyarakat secara luas. Hambatan eksternal atau hambatan yang terjadi di luar komunitas yaitu, kurangnya komunikasi atau koordinasi dengan tempat diadakannya kegiatan yang dapat menyebabkan kebingungan maupun miskomunikasi sehingga dapat mengganggu jalannya kegiatan yang telah direncanakan.

Kata Kunci : Civic Engagement, Komunitas, Penggemar, Korean-Pop, Kepedulian Sosial

Full Text:

PDF

References

Aasted Halse, J. (2008). Humanistisk psykologi: Maslow, Glasser och Frankl. In:Jerlang, E. red. Utvecklingspsykologiska teorier - en introduktion. Stockholm: Liber. 272-297. Adler, P. R. & Goggin, J. (2005). What Do We Mean By “Civic Engagement”?. Journal of Transformative Education, 3(3), 236-253. https://unomaha.edu/international-studies-and- programs/_files/docs/adler-goggin-civic-engagement.pdf Anheier, H.K. (2005). Nonprofit Organization- Theory, management, policy. Oxon: Routhledge. Bang, H., Ross, S. & Reio Jr, T.G., (2013). From motivation to organizational commitment of volunteers in non-profit sport organizations: The role of job satisfaction. Journal of Management Development, 32., (1), 96 – 112. https://doi.org/10.1108/026217113112870 CNN Indonesia. (2020, 6 Oktober). Omnibus Law dan Keberanian Bersuara K- Popers Soal Isu Sosial. Diperoleh 25 Januari 2020, dari http://cnnindonesia.com/hiburan/2020/1006152733-234-555009/omnibus law-dan-keberanian-bersuara-k-popers-soal-isu-sosial. Diop, A., Johnston, T., Le, K.T. et al. Donating Time or Money? The Effects of Religiosity and Social Capital on Civic Engagement in Qatar. Soc Indic Res 138, 297–315 (2018). https://doi.org/10.1007/s11205-017-1646-9 Etikasari, Y. (2018). Kontrol Diri Remaja Penggemar K-Pop (Kpopers) (Studi pada Penggemar K-Pop di Yogyakarta). Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4(3), 190-202. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipbk/article/view/11758 Hobbs, S. (2012). The Latest Approach to Volunteer Recruitment Competency Competence Pathways and Volunteer Resource Management Systems. In: Connors, T.D. eds. Wiley Nonprofit Law, Finance and Management Series: Volunteer Management Handbook: Leadership Strategies for Success. Hoboken: John Wiley & Sons Inc, 205-225. DOI: 10.1002/9781118386194.ch8. Holmes, J. G., Miller, D. T., & Lerner, M. J. (2002). Committing altruism under the cloak of self-interest: The exchange fiction. Journal of Experimental Social Psychology, 38(2), 144–151. https://doi.org/10.1006/jesp.2001.1494. Jones, K.S. (2006). Giving and Volunteering as Distinct Forms of Civic Engagement: The Role of Community Integration and Personal Resources in Formal Helping. Nonprofit and Voluntary Sector Quarterly, 35(2), 249-266. DOI: 10.1177/0899764006287464 Kinasih, S. (2020, Juli 3). Jejak Politik K-Pop dari #ReformasiDikorupsi hingga Kampanya Trump. Tirto. Diperoleh 25 Januari 2020, dari https://tirto.id/jejak-politik-k-pop-dari-reformasidikorupsi-hingga- kampanye- trump. Kumparan. (2017). Fanatisme Fans K-Pop: Candu dan Bumbu Remaja. Diperoleh 25 Januari 2021, dari http://kumparank-pop/fanatisme- fans-k- pop-candu-dan-bumbu-remaja. Laufer, D., Silvera, D. H.,McBride, J. B., & Schertzer, S.M. B. (2010). Communicating charity successes across cultures: Highlighting individual or collective achievement? European Journal of Marketing, 44(9/10), 1322– 1333. https://doi.org/10.1108/03090561011062862. Liberman, N., & Trope, Y. (1998). The role of feasibility and desirability considerations in near and distant future decisions: A test of temporal construal theory. Journal of Personality and Social Psychology, 75(1), 5– 18. https://doi.org/10.1037/0022-3514.75.1.5. Liputan6. (2023, Oktober 24). Penggemar BTS, ARMY Indonesia Sukses Galang Donasi Lebih dari 1 Miliar untuk Penyintas di Palestina. . Liputan6.com. Diperoleh 16 Agustus 2024, dari https://liputan6.com/lifestyle/read/5431004/penggemar-bts-army- indonesia- sukses-galang-donasi-lebih-dari-rp-1-miliar-untuk- penyintas di- palestina. Mahayana, M. S., Syamsuddin, M., Setiawati, N. A., Indrastuti, N. S. K., Nugroho, S. A., Seonhee, M. (Ed.). (2016). Budaya Korea: Hal-Hal Yang Perlu Diketahui. Yogyakarta: INAKOS bekerja sama dengan Pusat Studi Korea Universitas Gadjah Mada. Markus, H. R., & Kitayama, S. (1991). Culture and the self: Implications for cognition, emotion and motivation. Psychological Review, 98, 224–253. https://doi.org/10.1037/0033-295X.98.2.224. Maslow, A. H. (1943). A Theory of Human Motivation. Psychological Review, 50, 370-396. https://doi.org/10.1037/h0054346. Musick, M.A. & Wison, J. (2008). Volunteers: A Social Profile. Bloomington: Indiana University Press. Narcy, M. (2011). Would nonprofit workers accept to earnless? Evidence from France. Applied Economics, 43, 313-326. DOI: 10.1080/00036840802570447. Park, S.M. & Word, J. (2012). Driven to Service: Intrinsic and Extrinsic Motivation for Public and Nonprofit Managers. Public Personnerl Management,41(4),705-734. https://doi.org/10.1177/009102601204100407. Piferi, R. L., Jobe, R. L., & Jones,W. H. (2006). Giving to others during national tragedy: The effects of altruistic and egoistic motivation on long term giving. Journal of Social and Personal Relationships, 23, 171–184. https://doi.org/10.1177/0265407506060185. Phillips, H., & Phillips, C. (2010). Volunteer Motivation and Reward Preference: An Empirical Study of Volunteerism in a Large, Not-for-profit Organization. SAM Advanced Management Journal. 75 (2010). 12- 39. Raynes-Goldie, K. & Walker, L. (2008). Our Space: Online civic engagement tools for yoth. Civic Life Online: Learning How Digital Media Can Engage Youth, 161-188. https://doi.org.10.7551/mitpress/7893.003.0008. Rodell, J. B. (2013). Finding meaning through volunteering: Why do employees volunteer and what does it mean for their jobs?. Academy of Management Journal, 56(5), 1274-1294. https://jstor.org/stable/43589217. Rossi, G., Lenzi, M., Sharkey, J. D., Vieno, A., & Santinello, M. (2016). Factors Associated with Civic Engagement in Adolescence: The Effects of Neighborhood, School, Family, and Peer Contexts. Journal of Community Psychology, 44(8), 1040-1058. https://doi.org/10.1002/jcop.21826 Smith, D. H. (1994). Determinants of voluntary association participation and volunteering: A literature review. Nonprofit and Voluntary Sector Quarterly, 23(3), 243-263.https://doi.org/10/1177/089976409402300305. Soleh, I. (2008). Dampak Globalisasi bagi Kepribadian Kita. Klaten: Cempaka Putih. Suryana, Y., Suparyanto, Y., Fa’izia, K., & Handayani, W.S. (2015). Globalisasi. Klaten: Cempaka Putih. Ward, A M., & McKillop, D.G. (2011). An examination of volunteer motivation in credit unions: Informing volunteer resource management. Annals of Public and Cooperative Economics, 82., (3), 253-275. https://doi.org/10.1111/j.1467-8292.2011.00438.x Warren, A. M., Sulaiman, A., & Jaafar, N. I. (2014). Facebook: The enabler of online civic engagement for activists. Computers in Human Behavior, 32(2014), 284-289. http://dx.doi.org/10.1016/j.chb.2013.12.017 Yuniarti, D., & Agustina. (2022). Hubungan Loneliness dengan Celebrity Worship pada Remaja Pengguna Fan Account BTS di Twitter. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 6(2), 517-524. https://doi.org/10.24912/jmishumen.v6i2.1817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.