PERAN GURU PPKN TERHADAP PEMBENTUKAN KOMPETENSI WARGA NEGARA
Abstract
The purpose of this research was to determine and describe the role of Civics teachers in addressing the impact of learning loss on the formation of citizens' competencies. The research method used in this study was causality with a quantitative approach. The subjects of this study were students of SMAN 1 Kibang, 11th grade, in the academic year 2022-2023. The sample size for this research was 42 respondents. The data collection technique used in this study was a questionnaire. The data analysis technique in this study involved using path analysis. The research results indicated that: 1) there was a positive and significant influence on the role of Civics teachers in addressing the impact of learning loss with a direct influence; 2) there was a positive and significant influence on the role of Civics teachers on the formation of citizens' competencies with a direct influence; 3) there was a negative and significant impact of learning loss on the formation of citizens' competencies with a direct influence.
Keyword: The Role of Civic teachears, Learning Loss, Citizenshp Competency
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui maupun mendeskripsikan peran guru PPKn dalam mengatasi dampak learning loss terhadap pembentukan kompetensi warga negara. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah Peserta didik SMAN 1 Kibang kelas XI Tahun ajaran 2022-2023. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 42 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini yakni menggunakan path analysis. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). terdapat pengaruh positif dan signifikan dari peran guru PPKn dalam mengatasi dampak learning loss dengan pengaruh langsung; 2). terdapat pengaruh positif dan signifikan peran guru PPKn terhadap pembentukan kompetensi warga negara dengan pengaruh langsung; 3). Terdapat pengaruh negatif dan signifikan dampak learning loss terhadap penbentukan kompetensi warga negara dengan pengaruh langsung.
Kata kunci : Peran Guru PPKn, Learning Loss, Kompetensi Warga Negara
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, J. (2018). Peranan Guru PPKn Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Pada peserta didik SMAN 1 Kota Ternate. Jurnal GeoCivic. 1, 62–70.
Afifah, R. N., Khamidi, A., Pendidikan, M., Ilmu, F., Universitas, P., & Surabaya, N. (2018). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan. 10(1), 132-141
Ahmadin, & Sabia, S. (2021). Internalisasi Peran Guru PPKn Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik ( Studi Pada SMP Negeri 1 Bulagi Kecamatan Bulagi Kabupaten Banggai Kepulauan ). Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. 07, 1347–1358.
Cahyani,K. Dewi, D. A. (2021). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Agar Menciptakan Siswa Yang Berkualitas. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha .Volume 9. Nomor 2.
Dalmeri. (2014). Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character) Dalmeri. 14(1), 269–288.
Damayanti, Selvy. (2019). ‘Hubungan Peran Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Di SMK Muhamadiyah 2 Bandar Lampung’ (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174.
Faridzki, F. H., Pardosi, J., Jamil. (2024). Peran Guru PPKn dalam Penguatan Pendidikan Moral Siswa pada Aspek Kedisiplinan di SMP Negeri 16 Samarinda. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi. Volume 1, Nomor 2. 198-209.
Izzati, F. A. (2021). Pentingnya Sikap Tolerasni Dan Empati Dalam Mewujudkan Warga Negara Yang Baik (Good Citizenship) Di Masa Pandemi. Jurnal Kalacakra, 02(02), 85–90.
Kurniaputri, Y., & Adhyatma, M. D. R. (2021). Hubungan Kecenderungan Social Media Addiction dengan Empati pada Remaja di Surabaya. Jurnal Psychopreneur. 5(1), 31–36.
Mariyani. (2018). Peran Guru PKN dalam Pembentukan Karakter Warga Negara. IX(1), 19–27.
Murdiono, M. (n.d.). Peningkatan Keterampilan Kewarganegaraan (Civic Skills) Melalui Penerapan Pembelajaran Kewarganegaraan Berbasis Portofolio. 1–20.
Nurlita, R., Damanhuri, & Legiani,
W. H. (2019). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah Untuk Meningkatkan Civic Disposition Peserta Didik. Untirta Civic Education Journal. 4(1), 67–88.
Pangalila, T. (2017). Peningkatan Civic Disposition peserta didik Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 7(1), 91–103.
Rafzan, Lazzavietamsi, F. A., & Ito,
A. I. (2020). Civic Competence Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 2 Sungai Penuh. Jurnal Rontal Keilmuan PKN. 6(2), 81–89.
Ratnawati. (2018). Peranan Guru Sebagai Model Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. 1–11.
Sari, Y. N., Yanzi, H., Mentari, A., (2020). Peranan Guru PPKn Dalam Menanamkan Civic Virtue Peserta Didik Di SMA YP Unila Bandar Lampung. Journal of Social Science Education. 1(2), 77–85.
Sopian, A. (2016). Tugas, peran, dan fungsi guru dalam pendidikan. 1(1), 88–97.
Tripusa, A., Mashudi, & Aminuyati. Peran Guru Membentuk Karakter peserta didik Pada Pembelajaran IPS Di SMP NEGERI 24 Kota Pontianak. 1–9.
Tutuarima, F., Nindatu, A., & Nadifa, S. (2022). Problematika Civic Disposition Dalam Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan Pada Pembelajaran Daring. 6(1), 436–443.
Usman, Moh. Uzer, (2005), Menjadi Guru Profesional, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, Edisi Kedua.
Refbacks
- There are currently no refbacks.