PERAN EKSTRAKURIKULER PASKIBRA SMK GANESHA TAMA BOYOLALI DALAM PEMBENTUKAN GENERASI MUDA YANG TANGGUH DAN BERKARAKTER
Abstract
Abstrak
Generasi muda merupakan tumpuan harapan bangsa. Masa depan bangsa bergantung pada generasi muda yang tangguh dan berkarakter. Di era globalisasi ini, generasi muda dihadapkan pada berbagai rintangan dan tantangan yang kompleks, seperti kemerosotan moral, maraknya narkoba, dan pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Oleh karena itu, diperlukan upaya nyata untuk membentuk generasi muda yang tangguh dan berkarakter, salah satunya melalui kegiatan ekstrakurikuler. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang memiliki potensi besar untuk membentuk generasi muda yang tangguh dan berkarakter adalah Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera). Kegiatan ekstrakurikuler paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) merupakan salah satu organisasi kesiswaan diluar pelajaran formal di SMK Ganesha Tama Boyolali yang merupakan wadah untuk membangun kedisiplinan, kemandirian, kepemimpinan, pembentukan sikap sebagai contoh generasi muda yang tangguh dan berkarakter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran ekstrakurikuler Paskibra SMK Ganesha Tama Boyolali dalam pembentukan generasi muda yang tangguh dan berkarakter. Metode yang digunakan berupa deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrakurikuler Paskibra terbukti efektif dalam menumbuhkan disiplin, keterampilan, karakter, moral, kepercayaan diri, rasa persahabatan, semangat persatuan, dan kekompakan pada diri para siswa. Keberhasilan Paskibra tidak lepas dari peran penting pembina dan kepala sekolah. Namun masih terdapat beberapa kendala yang perlu diatasi, seperti kurangnya minat siswa, fasilitas yang belum memadai, dan belum adanya kerjasama dengan orang tua. Saran yang diberikan adalah meningkatkan kualitas pelatihan, menyediakan fasilitas yang memadai, meningkatkan kerjasama dengan orang tua, melaksanakan kegiatan yang lebih variatif, dan mengembangkan jaringan dan kerjasama dengan instansi lain.
Kata Kunci: Berkarakter, Ekstrakurikuler, Generasi Muda, Paskibra, Tangguh.
Full Text:
PDFReferences
Alan, S. F. & Syamsul, B. (2017). Pelaksanaan Aktivitas Ekstrakurikuler Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) Dalam Pembentukkan Karakter, Moral Dan Sikap Nasionalisme Siswa SMA Negeri 3 Surakarta. Jurnal Moral Kemasyarakatan. 2 (2), 75-93, from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JMK/article/view/1970.
Haryati, M. S. (2018). Menumbuhkan Nasionalisme pada Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pasukan Pengibar Bendera (Studi Kasus di MAN 2 Model Mataram). Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5 (2), from https://doi.org/10. 29303/juridiksiam.v5i2.67.
Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 1984 No. 0416/U/1984, Pembinaan Kesiswaan Khususnya Pembinaan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara.
Kornelius, B. & Muhamad, A. (2020). Metodologi Penelitian Hukum sebagai Instrumen Mengurai Permasalahan Hukum Kontemporer. Jurnal Gema Keadilan, 7 (1), from https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/gk/article/view/7504/3859.
Nia, D. R. S. (2013). Hubungan Kegiatan Ekstrakurikuler Pasukan Pengibar Bendera. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 380-392.
Sitti, U. H. (2019). Kegiatan Ekstrakurikuler Paskibra Dalam Rangka Pembinaan Karakter Semangat Kebangsaan Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan JPKN, 3 (2), from file:///C:/Users/USER/Downloads/admin,+%7B$userGroup%7D,+10+Sitti+ Uswatun+Hasanah.pdf.
Shabrina, A. M. & Musringudin. (2022). Peran Kegiatan Ekstrakulikuler Paskibraka Dalam Rangka Pembinaan Karakter Disiplin Siswa di SMA. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1 (12), from https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/678.
Wiwin, Y. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam perspektif bimbingan Dan Konseling. Jurnal QUANTA, 2 (2), from https://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id /index.php/quanta/article/view/1641/911.
Refbacks
- There are currently no refbacks.