PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK SMA NEGERI 4 SURAKARTA

Aris Sigit Jatmiko, Eko Prasetyo

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tanggung jawab peserta didik melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division). Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan skala sikap. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD efektif dalam meningkatkan sikap tanggung jawab peserta didik. Pada prasiklus, sekitar 51,3% peserta didik menunjukkan sikap tanggung jawab, siklus I menunjukkan  peningkatan yaitu 72,9% pada siklus II presentase peserta didik yang memiliki sikap tanggung jawab mencapai 89,1%. Saran yang dapat diberikan adalah bagi guru untuk mempertimbangkan model ini sebagai alternatif solusi dalam menghadapi masalah sikap tanggung jawab peserta didik. Peserta didik juga perlu lebih aktif dalam menunjukkan sikap tanggung jawab dan kesungguhan dalam belajar. Kepala sekolah dapat mempertimbangkan penggunaan model STAD dalam merancang kebijakan terkait variasi pembelajaran.

Kata Kunci: Sikap Tanggung Jawab, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.