PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS XI OTOMOTIF 3 MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GALLERY WALK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA

Anggi Arum Dini, Ahmad Muhibbin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi kooperatif tipe gallery walk dalam meningkatkan keterampilan komunikasi pada mata pelajaran pendidikan pancasila siswa di kelas XI Otomotif 3 SMK Muhammadiyah Kartasura. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI Otomotif 3 SMK Muhammadiyah Kartasura dengan objek penelitian keterampilan komunikasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan komunikasi peserta didik pada siklus I ke siklus II. Pada siklus I persentase keterampilan komunikasi peserta didik hanya mencapai 22,4 % dalam kategori kurang terampil.  Pada siklus II keterampilan komunikasi peserta didik meningkat mencapai 78% dalam kategori terampil.

Kata Kunci: strategi kooperatif, gallery walk 

Full Text:

PDF

References

Arifin, Z. (2011). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, suharsimi, Suhardjono & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas.

Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Bowman, S. L. (2005). The Gallery Walk::, 1–4. https://doi.org/10.1002/dir.4000080406.

Chin, C. K., Khor, K. H., & Teh, T. K. (2015). Biology Education and Research in a Changing Planet. Biology Education and Research in a Changing Planet, 55–59. https://doi.org/10.1007/978-981-287-524-2.

Fadli, F. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Gallery Walk Terhadap Motivasi Belajar PPKn Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Pekanbaru, 1–14.

Fathurrohman, Muhammad. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif.

Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Hogan, J. P., & Cernusca, D. (2011). Integrating Gallery Walks and Wikis in a synergic instructional activity: An exploratory study of students’ perceptions. ASEE Annual Conference and Exposition, Conference Proceedings, 37–48.

Katemba, C. V, & Buli, R. (2018). Improving Speaking Skills Using the Gallery Walk Technique, 17, 98–103.

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) . Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Lubis, A. (2016). Basis Data Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja RosdakaryaOffset

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013.

Persada, A. R. (2015). Pengembangan Satuan Acara Perkuliahan (Sap) Pemrograman Linier Berkarakterdengan Penerapan Metode Gallery Walk Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. EduMa, 4(1), 83–95.

Pertiwi, C. S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Gallery Walk untuk Meningkatkan Keterampilan Mengkomunikasikan Pada Pembelajaran Tematik. Eprint Uns, (1), 43.

Putri, A. D. S. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bercerita dan Hasil Belajar Bahasa Jawa Tentang Cerita Tokoh Wayang Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Bulu di Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan Metode Gallery Walk. Widya Wacana, 13, 18–25.

Rodenbaugh, D. W. (2015). Maximize a Team-Based Learning Gallery Walk Experience: Herding Cats is Easier Than you Think. Advances in Physiology Education, 39(4), 411–413. https://doi.org/10.1152/advan.00012.2015

Rusman. (2012). Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.

Ar-ruzz Media.

Steawart, A., & Beaudry, J. (2017). The Gallery, 38(6), 48–53.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.