PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PESERTA DIDIK “IKELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH 2 WARU

Sofi Eka Yulianti, Machful Indra K

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Desain penelitian One Group Pretest-Postest. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Dalam riset ini melibatkan responden sebanyak 20 peserta didik. Peserta didik yang dipilih yakni dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh karena peneliti beranggapan jumlah populasi terlalu kecil sehingga digunakan secara keseluruhan. Dalam penelitian ini pengujian digunakan melalui program SPSS 25 sebagai alat bantu olah data statistik. Dalam penelitian ini mendapatkan hasil bahwa 1) adanya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan Peserta Didik kelas IV SD Muhammadiyah 2 Waru. 2) besarnya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar pada aspek kognitif peserta didik mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan kelas IV SD Muhammadiyah 2 Waru.

 

Kata Kunci: aspek kognitif, hasil belajar, model discovery learning.

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA [1] Sulfemi, W. B. (2019). Penerapan”model pembelajaran”discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan.... Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 17–30. http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/article/view/1021 [2] Suryosubroto, B. 2009.”Proses Belajar Mengajar. Rineka Cipta. 2009, h.223 [3] Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran”Discovery”Learning”Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian”Pendidikan”Dasar, 2, 90–98. [4] Dimyati, & Mudjino. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. [5] Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh Model”Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal”Pendidikan (Teori Dan Praktik),”4(1), 59. [6] Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. Online. [7] Wisnu Kemuning,”dkk, “Pengaruh”Model Discovery”Learning”Berbantuan Kartu Masalah Pada Materi Gerak”Lurus Terhadap”Hasil Belajar Siswa”Kelas X Ipa SmaN 1 Mranggen Tahun Pelajaran”2014/2015”,”h. 2. [8] Ibid,. [9] Ibid,. [10] Illahi, M. T. (2012). Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental Vocational Skill.Diva Press. [11] Rutonga, R. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 195–207. http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/JIPGSD/article/view/110 [12] Yupita I. A. (2013). Penerapan model pembelajaran discovery untuk meningkatkan hasil belajar IPS di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–10. [13] Istikomah, N., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model discovery learning pada pembelajaran IPS untuk meningkatkan”keaktifan dan hasil belajar”kognitif siswa sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 6(3), 130–138.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.