Analisis Kesiapan Guru PPKn dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Raharjo Raharjo

Abstract

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada tanggal 11 Februari 2022 menyampaikan rencana tindak lanjut dari peluncuran Merdeka Belajar Episode 15: Kurikulum Merdeka dan Peluncuran Platform Merdeka Mengajar yaitu mempersiapkan pelaksanaan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, khususnya Implementasi Kurikulum Merdeka yang akan berlaku pada tahun ajaran 2022/2023. Semua unsur atau elemen pendidikan diminta untuk turut serta mempersiapkan diri, tidak terkecuali ada adalah tenaga pendidik (guru), termasuk guru PPKn. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis kesiapan guru PPKn dalam implementasi kurikulum merdeka belajar 2022. Metode yang digunakan dalam peneltian ini ialah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini akan melibatkan pengajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (atau Pendidikan Pancasila) yang sekolahnya menerapkan kurikulum merdeka belajar 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih kesiapan guru ppkn dalam implementasi kurikulum merdeka belum 100%, namun karena program dari sekolah harus dilaksanakan, guru berusaha untuk menyesuaikan dan beradaptasi untuk implemenyasi kurikulum merdeka 2022.

Full Text:

PDF

References

Alhamuddin. 2014. Sejarah Kurikulum Di Indonesia (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum). Nur El-Islam, Volume 1, Nomor 2, Oktober 2014. Arikunto, S., 2010, Prosedur Penelitian: Studi Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta. Bungin, B., 2011, Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kencana. Creswell, J., W., 2016, Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran Edisi Keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Jamjemah, D. Tomo, Erlina, A. Hartoyo, 2022, Analisis Kesiapan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di Sdn. 47 Penanjung Sekadau JPDP 8 (2) Oktober 2022, 119-127. Kemendikbudristek, 2022, Pelaksanaan Keputusan Mendikbudristek Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, diakses di: https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/pelaksanaan-keputusan-mendikbudristek-nomor-56-m-2022-tentang-pedoman-penerapan-kurikulum-dalam-rangka-pemulihan-pembelajaran. Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Miles, Matthew B. & Huberman A. Michael, 1992, Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press. Moleong, 2011, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Rosda Karya. Raharjo, 2020. Analisis Perkembangan Kurikulum PPKn: Dari Rentjana Pelajaran 1947 sampai dengan Merdeka Belajar 2020. Jurnal PKn Progresif Volume 15, Nomor 1, Juni 2020. Riduwan, 2012, Dasar-Dasar Statistika. Cetakan ke-Sepuluh, Bandung: Alfabeta. Schubert. 1986. Curriculum Prespective, Paradigm, and Posibility. New York. McMillan Publishing Company. Stratemeyer, Florence., B, Forkner,HL., McKim, GM. 1947. Developing a Curriculum for Modern Living. Columbia: Bureau of Publication, Teacher College. Zuriah, N., 2009, Metode Penelitian Sosial dan pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.