Strategi Guru PPKn dalam Membentuk Karakter Disiplin pada Peserta Didik SMA N 2 Karanganyar

Dinda Aprilia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru PPKn kelas XI di SMA N 2 Karanganyar dalam membentuk karakter disiplin peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi serta teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa staregi yang digunakan oleh guru PPKn kelas XI di SMA N 2 Karanganyar, yaitu (1) strategi pembentukan karakter disiplin melalui pembelajaran kontekstual, bercerita dan diskusi, (2) melalui keteladanan, (3) habituasi (pembiasaan), (4) melalui kontrak belajar, dan (5) melalui pemberian nasehat. Dalam pelaksanaan strategi tersebut terdapat kendala yang ditemui berupa, (1) kendala internal, kendala yang berasal dari dalam diri peserta didik berkaitan dengan kurangnya minat dan kesadaran mengenai karakter disiplin, (2) kendala eksternal, kendala yang berasal dari lingkungan pertemanan yang memiliki pemahaman yang kurang mengenai karakter disiplin. Hasil penelitian ini sejalan dengan pendapat Lickona (2014:100) serta pendapat Ridwan Abdullah Sani dan Muhammad Kadri, Sani & Kadri (2016:128-154) mengenai startegi pembentukan karakter. Hasil penelitian dapat menjadi gambaran bagaimana strategi yang digunakan oleh guru PPKn dalam upaya pembentukan karakter disiplin pada peserta didik sebagai penerus bangsa. Kajian ini menggabaran bagaimana pembentukan karakter disiplin melalui strategi-strategi yang digunakan oleh guru PPKn serta kendala yang dihadapi saat proses pembentukan karakter disiplin untuk mengatasi perasalahan mengenai dekadensi moral yang sedang dialami bangsa Indonesia saat ini.

Full Text:

PDF

References

Agustin, N., & Maryani, I. (2021). Peran Guru dalam Mementuk Karakter Siswa (Antologi Esaai Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar). UAD PRESS.

Anggraini, S., Siswanto, J., & Sukanto. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward and Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Mimbar PGSD Undikesha, 7(3), 221–229.

Annisa, F. (2019). Planting of Discipline Character Education Values in Basic School Students. International Journal of Educational Dynamics, 1(1), 107–114.

Arikunto, S. (1993). Manajemen Secara Manusia. Jakarta: Rineka cipta.

Assima, C. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Kurang Berkembangnya Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Di Smk Al Asror Semarang. UNNES.

Auffah Yumni. (2019). Keteladanan Nilai Pendidikan Islam Yang Teraplikasikan. Nizhamiyah, IX(1), 1–9.

Aunillah, N. I. (2011). Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Laksana.

Bachtiar, S. B. (2005). Pengembangan Kegiatan Bercerita Teknik dan Prosedurnya. Jakarta: Depdikbud.

Chotimah, C. (2016). Peran Pendidik Dalam Membangun Peradaban Bangsa Melalui Pendidikan Karakter. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 16(1).

Darmaji, Astalini, Kurniawan, A. D., Perdana, R., & Putra, S. D. (2019). A Study Relationship Attitude Toward Physics, Motivation, and Character Discipline Students Senior High School, in Indonesia. International Journal of Learning and Teaching, 11(3), 100–110.

Depdiknas. (2004). Kurikulum Taman kanak-kanak (TK) dan Raudhatul Athfal(RA). Jakarta: Direktorat Jenderal Jendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. (2013). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 3. Jakarta.

Efendi, M. (2013). Peran Pendidikan Karakter Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa Di Smp Muhammadiyah 4 Sambi Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Universitas Muhammdiyah Surakarta.

Fitri, & Zaenul, A. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Dan Etika Di Sekolah. Jogjakarta: Ar – Ruzz Media.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Jannah, M. (2019). Metode Dan Strategi Pembentukan Karakter Religius Yang Diterapkan Di Sdtq-T An Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura. Al-Madrasah:Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1).

Karso. (2019). Keteladanan Guru Dalam Proses Pendidikan Di Sekolah. Rosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 382–397.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembanganpusat Kurikulum.

Lickona, T. (1991). Educating For Character: How Our School Can Teach Respect And Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney: Aucland: Bantam Book.

Lickona, T. (2014). Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar Dan Baik. Bandung: Nusa Media.

Maqbulin, A. (2018). Kontrak Belajar Melalui Hidden Curriculum Sebagai Bagian Dari Pendidikan Karakter Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Diklat Keagamaan, 12(2), 141–148.

Miles, M.B, Huberman, A. . (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi (3rd Ed.). Ui-Press.

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhadi, A. (2020). Implementasi Manajemen Strategi Berbasis Pembiasaan Dalam Menumbuhkan Karakter Religius Siswa Implementation Of Strategic Management Based On Ehabituation In Inculcating Student Religiousity Character. Al-Afkar Journal For Islamic Studies, 3(1), 65–76. Retrieved From Https://Al-Afkar.Com/Index.Php/Afkar_Journal/Issue/View/5

Permendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2018 Pasal 2. Jakarta, Indonesia.

Prasetiya, Benny, & Dkk. (2021). Metode Pendidikan Karakter Religius Paling Efektif Di Sekolah. Lamongan: Academica Publication.

Prihatin, E. (2011). Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Rosdiana, M., & Kurniawan, M. R. (2019). Strategi Guru Dalam Pengembangan Karakter Disiplin Siswa Sd Muhammadiyah Blawong 1 Jetis Bantul Yogyakarta.

S. Hartini. (2017). Pendidikan Karakter Disiplin Siswa Di Era Modern Sinergi Orang Tua Dan Guru Di Mts Negeri Kabupaten Klaten. Jurnal Basic Of Education, 2(1), 3–59.

Sahabsari, A., & Suwanda, I. M. (2022a). Strategi Guru Ppkn Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Pembelajaran Daring Di Sma Negeri 16 Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(1), 196–210.

Sahabsari, A., & Suwanda, I. M. (2022b). Strategi Guru Ppkn Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Pembelajaran Daring Di Sma Negeri 16 Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(1), 196–210.

Sanchez, R. T., & Stewart, C. V. (2006). The Remarkable Abigail: Story-Telling For Character Education. The High School Journal, 89(4), 14–21.

Sani, A. R., & Kadri, M. (2016). Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak Yang Islami. Jakarta: Bumi Aksara.

Sjarkawi. (2008). Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Pt Bumi Aksara.

Syah, M. (2006). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Tu’u, T. (2008). Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo Anggota Ikapi.

Za‟Balawi, M. S. M. A.-. (2007). Pendidikan Remaja Antara Islam Dan Ilmu Jiwa. Jakarta: Gema Insani Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.