Dinamika Aktualisasi Nilai-Nilai Oleh Mahasiswa Sebagai Modal Sosial pada Masa Kenormalan Baru

Anis Suryaningsih, Raharjo Raharjo, Widya Noventari

Abstract

Pengembangan pemahaman dan implementasi nilai-nilai Pancasila merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh setiap warga negara Indonesia khususnya generasi muda dalam hal ini mahasiswa ditengah masa pandemi covid-19 saat ini baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Setiap warga masyarakat khususnya mahasiswa ditengah masa pandemi ini bukan hanya menhadapi tantangan dan ujian untuk melawan virus covid-19, tetap bertahan untuk stabilitas perekonomian pribadi dan keluarga, tetapi juga ujian dalam konsistensi implementasi nilai-nilai Pancasila sebagai modal sosial pada masa pandemi dan kenormalan baru ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dinamika dan tantangan aktualisasi nilai-nilai Pancasila oleh para generasi muda sebagai salah satu modal sosial pada masa pandemi dan kenormalan baru ini. Sehingga metode penelitian yang digunakan yakni dengan pendekatan kualitatif. teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kajian pustaka berasal dari buku dan jurnal terkait dengan aktualisasi Pancasila. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para generasi muda dalam hal ini adalah mahasiswa sudah mampu mengimplementasikkan nilai-nilai Pancasila ditengah masa pandemi mulai dari lingkung terkecil yakni dari keluarga maupun masyarakat disekitarnya, dengan membantu orang tua, gotong royong melawan covid-19 dengan saling berbagi kepada sesama, memaksimalkan prose pembelajaran daring meskipun ini semua bukanlah hal yang mudah. Harapan yang diinginkan yakni agara para mahasiswa ini dapat mempertahankan sikap dan kebiasaan yang bersumber pada nilai-nilai Pancasila sebagai salah satu modal sosial mereka di masa kenormalan

Kata kunci:  Aktualisasi, Nilai Pancasila, Mahasiswa, Kenormalan Baru.

Full Text:

PDF

References

Creswell, J,W., 2014, Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darmadiharjo, D. 1983. “Pancasila Sebagai Filsafat dan Ideologi” dalam Laboratorium Pancasila. Pancasila dalam Pemikiran dan Pemasyarakatanya. Surabaya: Usaha Offset Printing.

Driyarkara. 2006. Karya Lengkap Driyarkara: Esai-esai Filsafat Peikiran yang Terlibat Penuh dalam Perjuangan Bangsanya. Jakarta: Gramedia.

Fied, J. 2020. Modal Sosial. Bantul: Kreasi Wascana.

Fukuyama, F. 2002. Trust, kebijakan Sosial dan penciptaan kemakmuran. Yogyakarta: CV. Qalam.

Hariyono. 1995. Mempelajari Sejarah Secara Efektif. Jogjakarta: Penerbit Pensil.

Herdiansyah, H. 2010. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Karim, M. 2012. Rindu Pancasila. Jakarta: Kompas Media Pustaka.

Kaelan, dkk. 2007. Memaknai kembali Pancasila. Yogyakarta: Penerbit Lima.

Kaelan. 2012. Problem Epistimologi Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara. Yogyaskarta:Paradigma.

Mardalis. 1990, Metode Penelitian: Suatu pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara Cetakan Pertama.

Moleong, L,J., 2007, Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi), Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasir, Moh. 1998, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia

Patton, M,Q., 2009, Metode Evaluasi Kualitatif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putnam, Robert D. 2000. Bowling Alone: The Collapse and Revival of American Community. New York: Simon and Schuster.

Wirutomo, P Dkk. 2012. Sistem Sosial Indonesia. Jakarta: UI Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.