Pancasila Sebagai Dasar Negara Menurut KH. M. Hasyim Asy’ari

Riri Reza Anshori

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pancasila menurut KH. M. Hasyim Asy’ari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini ialah PCNU (Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama karawang) Kabupaten Karawang yaitu Ketua Lembaga Kajian dan pengembangan sumberdaya masyarakat, Wakil sekertaris, dan Wakil bendahara.  Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi.  Hasil penelitian menunjukan PCNU berpendapat bahwa dalam pandangannya bahwa penghapusan tujuh kata dalam Pancasila secara bentuk tulisan sesungguhnya KH. M. Hasyim Asy’ari menilai tidak bersebrangan dengan nilai-nilai keislaman atau kontradiksi dengan Islam, Pancasila sebagai alat mempersatukan dalam perbedaan agama di Indonesia, KH. M. Hasyim Asy’ari memaknai Pancasila sebagai modal dasar dalam hidup berbangsa dan bernegara, berperan aktif dalam urusan keagamaan atau berdakwah tentunya ini menjadi hal utama bahwa menurutnya nilai Pancasila tidaklah harus suatau pertentangan dengan agama, pemikiran KH. M. Hasyim Asy’ari dibawa oleh anaknya sendiri yaitu KH. Wahid Hasyim yang sebagai perwakilan organisasi Nahdlatul Ulama dalam sidang BPUPKI dengan memberikan pandangan islam sebagai pelengkap dasar negara Indonesia. Rekomendasi penelitian ini bagi universitas buana perjuangan karawang selaku penyelenggara pendidikan perguruan tinggi guna menjadi kepustakaan terutama dalam bidang wawasan kebangsaan, bagi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan hasil penelitian ini peneliti menyarankan untuk dimasukkan dalam kajian-kajian kebangsaan sebagai wawasan pengetahuan sejarah Pancasila dan tokoh islam yang berpengaruh di dalam proses kemerdekaan Indonesia.

Kata Kunci : Pancasila, Dasar Negara dan KH. M. Hasyim Asy’ari

Full Text:

PDF

References

Khuluq, L. 2018. Tafsir Pemikiran Kebangsaan dan Keislaman Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy,ari. Jawa Timur: Penererbit Tebuireng.

Herdiawanto, H., F. F. Wasitaatmadja dan J. Hamdayama. 2018. Spiritualisme Pancasila. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryanegara, A, M. 2016. Api Sejarah Jilid kedua Mahakarya Perjuangan Ulama dan Santri Dalam Menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bandung: Surya Dinasti.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.