PENERAPAN METODE TWO STAY TWO STRAY PADA MATERI OTONOMI DAERAH TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian tentang Penerapan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IX E SMPN 2 Rengasdengklok bertujuan untuk memperoleh informasi tentang peningkatan aktivitas belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan Metode tipe two stay two dalam pembelajaran PKn kelas IXE SMPN 2 Rengasdengklok. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil belajar siswa pada Siklus I adalah 53,58 sedangkan pada siklus II sebesar 76,41. Rata- rata aktivitas belajar siswa pada siklus I 28,96% dan pada siklus II sebesar 61,14%, terjadi peningkatan sebesar 32,18%. Maka dapat disimpulkan penerapan pembelajaran metode two stay two stray dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IXE SMPN 2 Rengasdengklok.
Kata Kunci: Metode Two Stay Two Stray, Aktivitas Belajar, Pembelajaran PKn
Full Text:
PDFReferences
Departemen Pendidikan Nasional. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Huda (2014: 207-208). Langkah-Langkah Pembelajaran Metode Two Stray Two Stay. (Online). (https://www.kajianpustaka.com/2016/03/model-pembelajaran-tipe-two-stay-two-stray.html, diakses 20 Desember 2018).
Latifah, Noor. (2008).Hakekat Aktivitas Siswa. (Online). (Noor Latifah.http://latifah-04.wordpress.com, diakses 3 desember 2010).
Nawawi, Hadari. (1985).Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Ngalim, Purwanto. (1990).Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Permendiknas No. 22 Tahun 2006.
Sanjaya, Wina. (2008).Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Media Grup.
Sardiman. (2010).Intraksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudijono, Anas. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rasa Grafindo Persada.
Sugiyono. (2008).Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Thoifuri. (2013).Menjadi Guru Inisiator. Jakarta: Dwitama Asrimedia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.