PENERAPAN METODE TWO STAY TWO STRAY PADA MATERI OTONOMI DAERAH TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Yaya Kosamunjaya

Abstract

Penelitian  tentang    Penerapan  Metode  Pembelajaran  Two  Stay  Two  Stray  untuk  Meningkatkan  Aktivitas  Belajar  Siswa pada Pembelajaran  Pendidikan Kewarganegaraan  Kelas  IX E SMPN 2 Rengasdengklok    bertujuan    untuk    memperoleh informasi  tentang  peningkatan  aktivitas  belajar  siswa  setelah  mengikuti pembelajaran    dengan    Metode    tipe    two    stay    two    dalam pembelajaran   PKn   kelas   IXE SMPN 2 Rengasdengklok.  Metode  yang  digunakan  adalah  metode  deskriptif.  Bentuk penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas  (PTK).  Hasil  belajar  siswa pada  Siklus  I adalah  53,58  sedangkan  pada  siklus  II sebesar  76,41.  Rata- rata aktivitas belajar siswa pada siklus I 28,96% dan pada siklus II sebesar 61,14%,  terjadi  peningkatan  sebesar  32,18%.  Maka  dapat  disimpulkan penerapan   pembelajaran   metode two  stay   two   stray    dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IXE SMPN 2 Rengasdengklok.

Kata Kunci: Metode Two Stay Two Stray, Aktivitas Belajar, Pembelajaran PKn

 

Full Text:

PDF

References

Departemen Pendidikan Nasional. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Huda (2014: 207-208). Langkah-Langkah Pembelajaran Metode Two Stray Two Stay. (Online). (https://www.kajianpustaka.com/2016/03/model-pembelajaran-tipe-two-stay-two-stray.html, diakses 20 Desember 2018).

Latifah, Noor. (2008).Hakekat Aktivitas Siswa. (Online). (Noor Latifah.http://latifah-04.wordpress.com, diakses 3 desember 2010).

Nawawi, Hadari. (1985).Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ngalim, Purwanto. (1990).Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Permendiknas No. 22 Tahun 2006.

Sanjaya, Wina. (2008).Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Media Grup.

Sardiman. (2010).Intraksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudijono, Anas. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rasa Grafindo Persada.

Sugiyono. (2008).Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Thoifuri. (2013).Menjadi Guru Inisiator. Jakarta: Dwitama Asrimedia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.