Analisis Konsep Service Learning Dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan

Agil Nanggala, Karim Suryadi

Abstract

Service learning menjadi model pembelajaran yang perlu untuk dioptimalkan dalam membentuk mahasiswa menjadi warga negara yang beradab, karena berorientasi untuk memberikan pembelajaran yang bermakna bagi mahasiswa dan memiliki manfaat positif bagi masyarakat. Tujuan penelitian ini dilaksanakan, adalah untuk memberikan rasionalisasi, mengenai relevannya model service learning dikolaborasikan dan dielaborasikan dengan Pendidikan Kewarganegaraan, penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Analisis data dalam penelitian ini meliputi: reduksi data, display data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan, adalah: 1) Model service learning, berperan dalam memperkuat kompetensi kewarganegaraan milik mahasiswa, sehingga selaras dengan tujuan Pendidikan Kewarganegaraan, yang juga memiliki orientasi  untuk memperkuat kompetensi kewaganegaraan bagi mahasiswa 2) Model service learning, mampu memperkuat keterlibatan mahasiswa, karena merupakan pembelajaran langsung dimasyarakat, proses keterlibatan mahasiswa tersebut, pada umumnya difokuskan pada tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan, tentu keterlibatan mahasiswa merepresentasikan warga negara yang baik dan cerdas.

Kata Kunci: Service Learning, Pendidikan Kewarganegaraan, Kompetensi Kewarganegaraan.

Full Text:

PDF

References

Adriel, J. A. Reynalda, O. T. Nathanael, D. W. & Hermawan, S. (2020). Lingkungan adalah Seorang Guru (Refleksi Pemberdayaan terhadap Lingkungan melalui Program Service Learning). Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM17). 5 (1). Hlm. 54-58.

Arifin, S. & Munfaridah, M. (2017). Pengembangan Desain Konseling Berbasis Pesantren dengan Pendekatan Service-Learning. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. 8 (2). Hlm. 110-132.

Amran, N. N. & Ishak, H. B. (2017). Service-Learning Bersama OKU: Pengalaman Latihan Industri Pelajar FPI, UKM. Jurnal Al-Turath. 2 (1). Hlm. 1-9.

Aulia, S. S. & Arpannudin, I. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Lingkup Sosiokultural Pendidikan Non-Formal. Jurnal Civic Education. 3 (1). Hlm. 1-12.

Fatchiya, A. & Jakaria. (2018). Peningkatan Keberdayaan Peternak Berbasis Potensi Masalah Lokal melalui Kuliah Kerja Nyata. Jurnal Argokreatif. 4 (2). Hlm. 109-117.

Karliani, E. (2014). Membangun Civic Engagement Melalui Model Service Learning untuk Memperkuat Karakter Warga Negara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 23 (2). Hlm. 71-78.

Kasi, K. Sumartini. & Astina, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Service Learning terhadap Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 3 (4). Hlm. 437-440.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kemendikbud.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Nanggala, A. (2020). Peran Tradisi Irung-Irung dalam Memperkuat Civic Engagement Generasi Muda di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 5 (1). Hlm. 1-16.

Nusantri, I. (2014). Strategi Service Learning sebuah Kajian untuk Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 20 (2). Hlm. 251-260.

Pangalila, T. (2017). Peningkatan Civic Disposition Siswa melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Jurnal Pendidikan Kewargenagaraan. 7 (1). Hlm. 91-103.

Sunaryo, C. F. Tedja, M. A. Magdalena, J. Liady, M. C. & Mulyono, G. (2019). Gerobak “Mantap” untuk Service-Learning UKM Kampung Unggulan Kue. SHARE (Journal of Service Learning). 4 (2). Hlm. 50-55.

Suradi, L. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Nilai dan Pendidikan Hukum dalam Mewujudkan Warga Negara yang Cerdas dan Baik (Smart and Good Citizen). Supremasi: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya. 14 (2). Hlm. 112-121.

Sutanto, E. Vincentia, M. & Thamrin, D. (2020). Ideasi Desain Interior dan Terapan Styling Interior Pada Basecamp Komunitas Doodle Art Surabaya. SHARE (Journal of Service Learning. 6 (1). Hlm. 53-56.

Syamsudduha, S. & Tekeng, N. Y. (2017). Penerapan Service Learning dalam Pembelajaran Mata Kuliah Pedagogik pada Kurikulum Pendidikan Calon Guru. Lentera Pendidikan. 20 (1). Hlm. 1-17.

Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.

Wadu, L. B. Ladamay, I. & Jenia, A. (2020). Penguatan Keterlibatan Warga Negara dalam Pembangunan Berkelanjutan melalui Program Koperasi Serba Usaha. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 10 (1). Hlm. 116-125.

Winataputra, U. S. (2016). Posisi Akademik Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dan Muatan/Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam Konteks Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Moral Kemasyarakatan. 1(1). Hlm. 15-36.

Yuniarto, B. (2020). Membangun Kesadaran Demokrasi melalui Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Edukos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi. 9 (1). Hlm. 56-72.

Yunita. & Suryadi, K. (2018). Rancang Bangun Pendidikan Bela Negara sebagai Wahana Pengembangan Sikap Nasionalisme bagi Mahasiswa. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI. 5 (2). Hlm. 2230-237.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.