MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN PARTISIPASI MAHASISWA DALAM MATA KULIAH EKOLOGI KEWARGANEGARAAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF

Sri Yunita

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran aktif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran mata kuliah Ekologi Kewarganegaraan, dan melihat bagaimana peningkatan hasil belajar Ekologi Kewarganegaraan mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran aktif, serta peningkatan aktivitas dan partisipasi mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran aktif. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang diberlakukan pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial  jurusan Pendidikan Kewarganegaraan, dengan tahapan perencananan dan tahapan tindakan, subjek penelitian ini adalah dosen dan mahasiswa serta model pembelajaran aktif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, angket, wawancara, dokumentasi. Data diolah dan dianalisis dengan reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berdasarkan rata-rata pada siklus pertama dan kedua menunjukkan peningkatan hasil belajar Ekologi Kewarganegaraan mahasiswa yang dignifikan dengan skor sebesar 21,45%. Melalui strategi pembelajaran aktif yang dikembangkan dalam tahapan pendahuluan, inti dan penutup dapat meningkatkan daya aktivitas dan partisipasi mahasiswa sehingga mampu meningkatkan hasil belajarnya. Karena proses tahapan demi tahapan dilakukan secara detail untuk melihat motiv-motiv belajar mahasiswa sampai kepada gairah belajar yang terbangun hingga dapat menenentukan pilihan belajaranya sehingga hasil yang didapat bisa diraih secara optimal.

 

Kata Kunci: Ekologi Kewarganegaraan, Model Pembelajaran, Hasil Belajar dan Partisipasi.

Full Text:

PDF

References

Arifin, I. (2000). Profesionalisme Guru: Analisis Wacana Reformasi Pendidikan dalam Era Globalisasi. Simposium Nasional Pendidikan di Universitas Muham-madiyah Malang, 25-26 Juli 2001

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Dahrin, D. (2000). Memperbaiki Kinerja Pendidikan Nasional Secara Komprehensif:Transformasi Pendidikan, Komunitas. Vol.1. Jakarta: Forum Rektor Indonesia

Dennison, Paul E. dan Dennison, Gail E. (2002). Braim Gym, Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

DePorter, B., Reardon, M., dan Sarah, S. (2004). Quantum Teaching, Bandung: Kaifa.

DePorter, B. (2004). Quantum Learning, Bandung: Kaifa.

Gunawan, Adi W. (2006). Genius Learning Strategy, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sopah, D. (2000). Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. No. 022 Tahun ke-5 Maret 2000) h. 121-137.

Supriadi, D. (1999). Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Penerbit: Adicita Karya Nusa, Yogyakarta

Silberman, Mel. (2000). Active Learning, Yogyakarta: Yappendis

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol.2 No.2, hlm 103-113 Juli 2018 (http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/ view/ 113)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.