Penerapan Pembelajaran PPKn dalam menumbuhkan Pemahaman Ideologi Pancasila pada Siswa

Fahrurrozi Imron

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Pembelajaran PPKn dalam menumbuhkan pemahaman ideologi Pancasila pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini ialah Subjek berasal dari SMK N 1 Karawang yang terdiri dari Wakasek Bidang Kurikulum, Guru PPKn, dan Siswa Kelas X Jurusan Teknik Elektronika Industri (TEI) 1.  Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi.  Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa cukup memahami nilai-nilai Pancasila melalui pembelajaran PPKn yang diterapkan, terbukti dengan siswa dapat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila di sekolah serta dilingkungan sekitarnya, hal tersebut menjadi sebuah dampak ditanamkannya nilai-nilai Pancasila pada penerapan pembelajaran PPKn di sekolah. Rekomendasi penelitian ini bagi Universitas Buana Perjuangan Karawang selaku penyelenggara pendidikan perguruan tinggi guna menjadi kepustakaan terutama dalam bidang wawasan kebangsaan. Bagi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan hasil penelitian ini peneliti menyarankan untuk dimasukkan dalam kajian-kajian kebangsaan sebagai wawasan pengetahuan mengenai pembelajaran PPKn di sekolah serta dampaknya bagi siswa.

Kata Kunci : Pembelajaran, Pemahaman, dan Pancasila

Full Text:

PDF

References

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional. Departemen Pendidikan Nasional, (2008), Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta : mydyredzone, hal. 843

Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung:ALFABETA), 2013

Ketetapan MPR Nomor III/MPR/2000 tentang Sumber dan Tata Urutan Peraturan Perundang Undangan.

Al-Hakim, Suparlan, dkk. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan dalam Konteks Indonesia. Malang:Universitas Negeri Malang

Soerjanto Poespowardojo.1991. Pancasila Sebagai Ideologi Ditinjau Dari Segi Pandangan Hisup Bersama, dalam Alfian & Oetojo Oesman, eds. 1991. Pancasila Sebagai Ideologi Dalam Berbagai Bidang Kehidupan Bermasyarakat, BerBangsa dan BerNegara, Jakarta : BP-7 Pusat.

Kaelan dan Zubaidi Achmad, Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi, Yogyakarta: Paradigma, 2010.

Dimiyati dan Mujiono. Belajar dan Pembelajaran. (Jakarta: PT Rineka Cipta, 1999). Hal:201

Purwanto, M.N. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran Pendidikan. (Bandung:Rosda Karya, 1994)

Buku Guru PPKn SMA/SMK/MA kelas X (2016:20), Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud

Refbacks

  • There are currently no refbacks.