Reduksi Informasi Hoax di Era Digital Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila

Armaidy Armawi

Abstract

Informasi sudah menjadi suatu kebutuhan utama bagi warga negara, namun fenomenanya ialah tidak semua informasi yang beredar di masyarakat ialah fakta, bisa jadi baru opini, atau bahkan suatu informasi yang tidak benar. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi secara langsung maupun tidak langsung memberikan dampak positif dan negatif di masyarakat. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pendidikan karakter berbasis Pancasila di era digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dan termasuk jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter berbasis Pancasila di era digital di HMP Demokratia PPKn FKIP UNS, Surakarta dilakukan dengan kegiatan peningkatan literasi mahasiswa melalui berbagai kegiatan seperti seminar, FGD, dan kelas kebangsaan. Adapun proses mereduksi informasi hoax dilakukan dengan cara cross check information, dan pendidikan karakter yang dilakukan melalui diskusi publik dengan dewan dosen. Literasi warga negara dalam hal berkewarganegaraan umumnya di dunia nyata, khususnya di dunia maya, sangat perlu diperhatikan. Salah satu cara membangun literasi kewarganegaraan tersebut melakukan reaktualisasi nilai-nilai Pancasila baik dalam kehidupan nyata maupun kehidupan maya yang pada saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan warganegara. Kemampuan literasi teknologi informasi dan komunikasi merupakan hal yang sangat penting dan diperlukan masyarakat dalam rangka menghadapi kemajuan era digital saat ini. Dengan literasi saja tidak cukup, untuk itu negara perlu memperkuat dengan nilai-nilai yang sudah dibangun sejak lama yaitu nilai-nilai Pancasila. Negara perlu memastikan bahwa nilai-nilai tersebut dipraktikkan untuk mencegah hal-hal yang dapat merugikan masyarakat pada umumnya.

Kata kunci:  Reduksi, Informasi Hoax, Pendidikan Karakter Pancasila.

Full Text:

PDF

References

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2016). Infografis Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet ndonesia. Polling Indonesia. Copyright@APJII 2016.

Cahyono, Edi. 2018. Media sosial-post truth. http://ksp.go.id/media-sosial-post truth-dan-literasi digital/index.html. Diakses Pada Tanggal 10 Juni 2019.

Creswell, J., W., 2016.Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran Edisi Keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isnaini, Yusran. 2009. Hak Cipta dan Tantangannya di Era Cyber. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mandala, Rila & Hendra Setiawan (2002). “Peningkatan performansi sistem temu kembali informasi dengan perluasan query secara otomatis”. Proceeding the 3rd Annual Meeting of the Indonesian Digital Librray Networks. Establishing Cooperation to a Networked Information Society, Bandung: Tim KMRG-ITB.

Octavia, Erna, dan M. Anwar Rube’i. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila untuk Membentuk Mahasiswa Prodi PPKN Menjadi Warga Negara yang Baik dan Cerdas. Sosial Hori-zon: Jurnal Pendidikan Nasional, Vol. 4, No. 1, Juni 2017, Hal: 111-124.

Republik Indonesia, 2018. Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Peringatan Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2018. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Saidin, O.K. 2004. Aspek Hukum Hak Kekayaan Inelektual. Jakarta: Raja Gravido Persada.

Sulistyarini. 2015. Perkembangan Karakter Berbasis Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, Vol. 2, No. 1, Mei 2015, Hal: 1-8.

Syafari, Anjar. 2017. Sekilas Tentang Teknologi 3G. Copyright © 2003-2007 IlmuKomputer.Com

Refbacks

  • There are currently no refbacks.