ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PPKn DALAM MEMILIH MATERI PEMBELAJARAN YANG TERKAIT DENGAN TUJUAN PEMBELAJARAN DAN PENGALAMAN BELAJAR (Studi di SMP Negeri 20 Purworejo)

Herawang Dwi Siswantoko, Machmud Al Rasyid, Wijianto Wijianto

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui : 1) kompetensi pedagogik guru PPKn dalam memilih materi pembelajaran KD 3.3 “memahami tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem hukum nasional di Indonesia” yang terkait dengan tujuan pembelajaran; dan 2) kompetensi pedagogik guru PPKn dalam memilih materi pembelajaran KD 3.3 “memahami tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem hukum nasional di Indonesia” yang terkait dengan pengalaman belajar.

Merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumen. Pengujian validitas data menggunakan model analisis triangulasi data dan metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif.

Simpulan hasil penelitian: 1) Guru PPKn di SMP Negeri 20 Purworejo belum memiliki kompetensi pedagogik dalam memilih materi pembelajaran KD 3.3 “memahami tata urutan peraturan perundang-undangan dalam sistem hukum nasional di Indonesia” yang terkait dengan tujuan pembelajaran, dikarenakan : a) Indikator pembelajaran yang dibuat tidak sesuai dengan tuntutan KD 3.3. b) Pengidentifikasian jenis materi pembelajaran tidak sesuai dengan kebutuhan KD 3.3, dikarenakan guru belum mampu menempatkan jenis materi konseptual sesuai dengan kebutuhan pengetahuan prasyarat, inti dan pengayaan, dan c) Belum memiliki kemampuan menyeleksi materi pembelajaran yang sesuai kebutuhannya. 2) Guru juga belum memiliki kompetensi pedagogik dalam memilih materi pembelajaran dari KD 3.3tersebut terkait dengan pengalaman belajar, dikarenakan guru belum mampu membedakan jenis pengalaman belajar yang sesuai terhadap materi bertujuan meretensi pengetahuan dan materi bertujuan mentrasfer pengetahuan.

 

Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Memilih materi, Pengalaman belajar, dan Tujuan pembelajaran

 

Full Text:

PDF

References

Abidin, Yunus. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama, 2014.

Adams, Nancy E. "Bloom's taxonomy of cognitive learning objectives." Journal of the Medical Library Association 103, no. 3 (July 2015): 152-153.

Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Hakim, Adnan. "Contribution of Competence Teacher (pedagogical, personal, professional competence,and social) on the performance of learning." The International Journal of Engineering and Science 4, no. 2 (2015): 1-12.

Indriati, Maria Farida. Ilmu Perundang-Undangan (1) (Jenis, Fungsi, Materi Muatan). Yogyakarta: Kanisius, 2007.

Kemendikbud. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan (accessed July 10, 2019).

KEMENDIKBUD. 7 Provinsi Raih nilai terbaik Uji Kompetensi Guru 2015. January 04, 2016. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/01/7-provinsi-raih-nilai-terbaik-uji-kompetensi-guru-2015 (accessed April 2, 2019).

Krathwohl, David R, and Lorin W Anderson. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Addison Wesley Longman. New York: Longman, 2001.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan

Permendikbud Nomor 57 Tahun 2012 Tentang Uji Kompetensi Guru.

Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013.

Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Permendiknas No 81 Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum

Sanjaya, Wina. Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup, 2008.

—. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2011.

Satori, D, and A Komariah. Metode penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2013.

Wardhani, Sri. Apakah Rumusan Indikator pada Silabus dan RPP Anda Sudah Baik. Limas, 2008.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.