MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI KELAS IX DI SMP NEGERI 7 SALATIGA
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn menggunakan model pembelajaran Make A Match di kelas IX D SMP Negeri 7 Salatiga. Hasil belajar siswa yang rendah disebabkan masih digunakannya metode ceramah dibantu media buku cetak ketika guru mengajar, sehingga siswa pasif dan kurang memahami materi. Penggunaan model pembelajaran Make A Match merupakan bentuk tindakan perbaikan pembelajaran yang dipilih untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Prosedur penelitian meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes, sedangkan analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan hanya 6 siswa (23,08%) yang tuntas KKM . Setelah tindakan pada siklus I meningkat menjadi 20 siswa (76,92%) tuntas KKM dan pada siklus II menjadi 26 siswa (100%) tuntas KKM. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Make A Match dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Model Pembelajaran Make A Match, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Penerbit PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. 7 Tips Aplikasi Pakem. Jogjakarta: DIVA Press.
Ayu Rahmaningtias. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 2 Diwek Jombang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi FIS Universitas Negeri Malang.
Cholisin. 2000. Materi Pokok Ilmu Kewarganegaraan-Pendidikan Kewarganegaraan. UNY. Yogyakarta
Huda, iftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hudi. 2014. Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match bagi siswa kelas VIIH SMP Negeri 6 Salatiga Semester Gasal Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UKSW.
Kartono, Kartini. 1995. Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung: Mandar Maju.
Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang- Ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia Widiasana Indonesia
Suyatno.2009. Menjelajah Pembelajaran Inofatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pusaka.
Taniredja, Tukiran, dkk. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Wahab. 2007. Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.