AKTUALISASI KETELADANAN GURU SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PENDIDIKAN BERKARAKTER DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktualisasi keteladanan guru sebagai upaya mewujudkan pendidikan berkarakter di Sekolah Dasar Negeri Pucangan 3 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Subjek penelitiannya : guru dan siswa SD Negeri pucangan 3, objeknya keteladanan guru dan pendidikan berkarakter. Jenis penelitian ini , penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan datanya: observasi, wawancara dan dokumentasi. Guna mengetahui validitas data digunakan triangulasi data dan metode. Teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis interaktif mengalir yang terdiri dari 3 langkah yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian : berdasarkan hasil observasi dan wawancara ditemukan bahwa sikap, perilaku, dan perbuatan nyata guru menjadi contoh bagi para siswa di SD negeri pucangan 3. Karena itu guru diharuskan untuk bersikap, berperilaku dan berbuat yang baik terlebih dahulu sebelum memberikan saran dan nasehat bagi para siswa dalam bersikap, berperilaku dan berbuat baik di lingkungan sekolah, masyarakat maupun lingkungan keluarga. Khusus dalam lingkungan sekolah sikap, perilaku dan perbuatan guru harus dapat dicontoh oleh para siswa, misalnya cara berpakaian, cara minum, cara bicara/berkomunikasi, cara makan, dan lain-lain. Kesimpulannya bahwa keteladanan guru memiliki peran penting dalam mewujudkan pendidikan berkarakter di SD negeri Pucangan 3, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo.
Kata- Kunci: Aktualisasi Keteladanan Guru dan Pendidikan Berkarakter
Full Text:
PDFReferences
Abdul Mujid, 2006, Ilmu pendidikan Islam, Cet. I; Jakarta: Kencana
Abdul Mustaqim, 2005, Menjadi Orang Tua Bijak Solusi Kreatif Menangani Berbagai Masalah pada Anak (Bandung: Mizan Pustaka
Abdullah, Abdurrahman Saleh, Educational, Theory a Quranic Outlook, diterjemahkan M.
Agus Prasetyo, 2017, Guru Di Gugu dan Di Tiru, artikel yang tidak diterbitkan.
Aminatul zahro, 2015, Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesionalisme Guru, Yrama Widya, Bandung
Arifin dan Zainuddin, 2005, Teori-Teori pendidikan berdasarkan al-Qur’an, Cet. III: Jakarta: Rineka Cipta,
E Mulyasa, 2012, Manajemen Pendidikan Karakter , Sinar Grafika Offset, Jakarta
Hamka Abdul Aziz, 2012, Karakter Guru Profesional, Al- Mawardi Prima, Jakarta Selatan
Mahmud, 2011, Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: CV. Pustaka Setia
Muhammad Yaumi, 2014, Pendidikan Karakter Landasan, Pilar & Implementasi, Prenadamedia, Group, Jakarta
Nurul Innayati, 2015, Peranan Keteladanan orang Tua dalam menumbuhkan sikap positif anak di sekolah, Skripsi
Salman Rusydie, 2012, Kembangkan Dirimu Jadi Guru Multitalenta , DIVA Press, Jogjakarta
Suwarno, Wiji, 2006, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Cet I; Yogyakarta:ar-Ruz Media
Suyahman, 2017, Makalah Tidak diterbitkan, Keteladanan guru dulu sekarang dan ke depan sebagai bahan refleksi.
Syah, Muhibbin, 2006, Psikologi belajar, Cet. V; Jakarta: Raja Grafindo Persada
Syah, Muhibbin,2003,, Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syaiful Bahri Djamarah, 2000, Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, PT Rineka Cipta, Jakarta
Tohirin, 2006, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Cet.I; Jakarta: Raja Grafindo Persada
Tumpu, Sahabuddin, 1999, Mengajar dan Belajar: Dua Aspek Dari Suatu Proses yang disebut pendidikan, Cet.I; Makassar: Universitas Negeri Makassar
Wirawan Sarwono, 2002, arlito, Teori-Teori Psikologi Sosial, Cet. VII; Jakarta: Raja Grafindo Persada
Refbacks
- There are currently no refbacks.