AKTUALISASI KETELADANAN GURU SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PENDIDIKAN BERKARAKTER DI SEKOLAH DASAR

Suyahman Suyahman

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktualisasi keteladanan guru sebagai upaya mewujudkan pendidikan berkarakter di Sekolah Dasar Negeri Pucangan 3 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo.  Subjek penelitiannya : guru dan siswa SD Negeri pucangan 3, objeknya keteladanan guru dan pendidikan berkarakter. Jenis penelitian ini , penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan datanya: observasi, wawancara dan dokumentasi. Guna mengetahui validitas data digunakan triangulasi data dan metode. Teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis interaktif mengalir yang terdiri dari 3 langkah yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian : berdasarkan hasil observasi dan wawancara ditemukan bahwa sikap, perilaku, dan perbuatan nyata guru menjadi contoh bagi para siswa di SD negeri pucangan 3. Karena itu guru diharuskan untuk bersikap, berperilaku dan berbuat yang baik terlebih dahulu sebelum memberikan saran dan nasehat bagi para siswa dalam bersikap, berperilaku dan berbuat baik di lingkungan sekolah, masyarakat maupun lingkungan keluarga. Khusus dalam lingkungan sekolah sikap, perilaku dan perbuatan guru harus dapat dicontoh oleh para siswa, misalnya cara berpakaian, cara minum, cara bicara/berkomunikasi, cara makan, dan lain-lain. Kesimpulannya bahwa keteladanan guru memiliki peran penting dalam mewujudkan pendidikan berkarakter di SD negeri Pucangan 3, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo.

 

Kata- Kunci: Aktualisasi Keteladanan  Guru dan Pendidikan Berkarakter

Full Text:

PDF

References

Abdul Mujid, 2006, Ilmu pendidikan Islam, Cet. I; Jakarta: Kencana

Abdul Mustaqim, 2005, Menjadi Orang Tua Bijak Solusi Kreatif Menangani Berbagai Masalah pada Anak (Bandung: Mizan Pustaka

Abdullah, Abdurrahman Saleh, Educational, Theory a Quranic Outlook, diterjemahkan M.

Agus Prasetyo, 2017, Guru Di Gugu dan Di Tiru, artikel yang tidak diterbitkan.

Aminatul zahro, 2015, Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesionalisme Guru, Yrama Widya, Bandung

Arifin dan Zainuddin, 2005, Teori-Teori pendidikan berdasarkan al-Qur’an, Cet. III: Jakarta: Rineka Cipta,

E Mulyasa, 2012, Manajemen Pendidikan Karakter , Sinar Grafika Offset, Jakarta

Hamka Abdul Aziz, 2012, Karakter Guru Profesional, Al- Mawardi Prima, Jakarta Selatan

Mahmud, 2011, Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: CV. Pustaka Setia

Muhammad Yaumi, 2014, Pendidikan Karakter Landasan, Pilar & Implementasi, Prenadamedia, Group, Jakarta

Nurul Innayati, 2015, Peranan Keteladanan orang Tua dalam menumbuhkan sikap positif anak di sekolah, Skripsi

Salman Rusydie, 2012, Kembangkan Dirimu Jadi Guru Multitalenta , DIVA Press, Jogjakarta

Suwarno, Wiji, 2006, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Cet I; Yogyakarta:ar-Ruz Media

Suyahman, 2017, Makalah Tidak diterbitkan, Keteladanan guru dulu sekarang dan ke depan sebagai bahan refleksi.

Syah, Muhibbin, 2006, Psikologi belajar, Cet. V; Jakarta: Raja Grafindo Persada

Syah, Muhibbin,2003,, Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syaiful Bahri Djamarah, 2000, Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, PT Rineka Cipta, Jakarta

Tohirin, 2006, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Cet.I; Jakarta: Raja Grafindo Persada

Tumpu, Sahabuddin, 1999, Mengajar dan Belajar: Dua Aspek Dari Suatu Proses yang disebut pendidikan, Cet.I; Makassar: Universitas Negeri Makassar

Wirawan Sarwono, 2002, arlito, Teori-Teori Psikologi Sosial, Cet. VII; Jakarta: Raja Grafindo Persada

Refbacks

  • There are currently no refbacks.