AJISAKA (Ajining Raga Saka Busana) Clothing brand Bertema Budaya Jawa sebagai Solusi Cerdas Kekinian Melestarikan Kearifan Lokal

Aldi Dwi Saputra, Bhian Cahya Wisudawan Rubiyanto, Muhammad Rohmadi

Abstract

Generasi muda saat ini menunjukkan perilaku konsumtif terhadap distro yang menjual produk lokal dengan tema kebarat-baratan. Oleh sebab itu, tim berinovasi untuk memperkenalkan kebudayaan nusantara melalui Ajisaka Clothing Brand. Ajisaka mengangkat tema kebudayaan Nusantara khususnya kebudayaan Jawa yang dituangkan melalui desain kaus dan pemasaran produk. Tujuan dari kegiatan ini adalah melestarikan kearifan lokal melalui clothing brand dengan desain kebudayaan yang dikemas secara kekinian. Hasil pada kegiatan ini adalah: (1) Kaus berkualitas dengan harga terjangkau; (2) Kerja sama dengan mitra konveksi yang baik, dapat menekan biaya produksi; (3) Produk mengikuti perkembangan trend kekinian tetapi tetap mempertahankan kearifan lokal; (4) Proses pemasaran yang praktis dan efisien dengan pemanfaatan media sosial dan situs web; (6) Wirausaha yang profit, hal ini dibuktikan dari penjualan bulan November mendapatkan laba bersih Rp. 1.440.000. (7) Prospek yang menjanjikan karena trend kaus distro sedang naik daun serta ditunjang oleh pemerintah yang sedang gencar mempromosikan mencintai produk lokal.

 

Full Text:

PDF

References

A. Mardiyono, “Analisis Kinerja Pemasaran pada Industri Kreatif di Kota Semarang (Studi Empiris Pada Produsen Kaos),” in Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper 2015 (Optimalisasi Peran Industri Kreatif dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN), 2015.

I. Sidharta and D. Lusyana, “Analisis Faktor Penentu Kompetensi Berdasarkan Konsep Knowledge, Skill dan Ability (KSA) di Sentra Kaos Suci Bandung,” J. Comput. dan Bisnis, vol. 8, no. 1, 2014.

A. Hendini, “Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak),” J. Khatulistiwa, vol. 4, no. 2, 2016.

K. P. R. Indonesia, “Cinta Produk Dalam Negeri Digalakkan Lagi,” www.kemenperin.go.id, 2015. [Online]. Available: https://www.kemenperin.go.id/artikel/12422/Cinta-Produk-Dalam-Negeri-Digalakkan-Lagi.

R. Ida, Metode Penelitian Studi Media dan Kajian Budaya. Jakarta: Prenada Media Group, 2014.

E. Gedo, “Sistem Informasi Penjualan kaos sablon binatang berbasis web pada priok sablon,” Jakarta, 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.