Efektivitas Alat Bantu Dengar Berbasis Konversi Suara Menjadi Nada Getar bagi Tunarungu di Kota Surakarta

Feri Adriyanto, Munawir Yusuf, Priyono Priyono, Rizqi Misbakhus Suroya, Andayani Yuwana Sari, Henry Probo Santoso

Abstract

Kecanggihan teknologi saat ini membuat penggunaan media semakin banyak digunakan dalam berbagai bidang. Termasuk untuk membantu tunarungu dalam berkomunikasi dan berinteraksi. Salah satu media dan teknologi asistif untuk membantu tunarungu dalam berkomunikasi adalah alat bantu dengar berbasis konversi suara menjadi nada getar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas alat bantu dengar berbasis konversi suara menjadi nada getar bagi tunarungu di kota Surakarta. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan sampel 4 tunarungu yang terdiri dari 2 tunarungu sedang dan 2 tunarungu total. Uji coba tersebut menggunakan tes pengenalan dan pemahaman pola getar, pola suara, huruf vokal, konsonan, dan kata. Uji coba dilaksanakan di LPPM Universitas Sebelas Maret Surakarta pada bulan Desember 2020. Hasil uji coba pada tunarungu menunjukkan bahwa alat bantu tersebut efektif digunakan dengan kategorisasi tinggi dan sedang. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan, ditemukan bahwa subjek memberikan komentar jika alat bantu lebih dominan di sebelah kanan yang bergetar, bantalan alat bantu kurang sesuai, dan jarak antar modul getar terlalu dekat. Komentar dari subjek akan digunakan untuk perbaikan alat agar menjadi semakin efektif digunakan.

Full Text:

PDF

References

Haliza, N., E. Kuntarto., dan A. Kusmana. 2020. Pemerolehan Bahasa Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Dalam Memahami Bahasa. Jurnal Metabasa. 2 (1): 35-41.

Nofiaturrahmah, F. 2018. Problematika Anak Tunarungu dan Cara Mengatasinya. Jurnal Quality. 6 (1): 1-15.

Wicaksono, A. 2017. Masih Ada 40,5 Juta Orang Indonesia Berjuang Lawan Ketulian. CNN Indonesia. Diperoleh dari https://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170323180138-255-202335/masih-ada-405-juta-orang-indonesia-berjuang-lawan-ketulian

Mais, A., dan L.A. Yaum. 2015. Perkuliahan Mahasiswa Tunanetra (Studi Kasus Pada Mahasiswa Tunanetra Prodi. Pendidkan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP PGRI Jember). Dalam: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Khusus. hlm 11-21.

Putri, N. 2012. Efektifitas Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Pengenalan Alat Musik Daerah Pada Pembelajaran IPS Bagi Anak Tunagrahita Ringan di SDLB 20 Kota Solok. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus (E-JUPEKhu). 1 (2): 318-328.

Sukardi. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.