Peningkatan Keterampilan Communication, Collaboration, Critical Thinking, And Creativity Melalui Pembelajaran STEAM Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Bratan 02 Surakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan communication, collaboration, critical thinking, and creativity dengan media kincir air melalui pembelajaran STEAM. Penelitian dilaksanakan pada kegiatan home visit peserta didik dari SDN Bratan 2 Surakarta. Subjek penelitian berjumlah 2 kelompok yang terdiri dari 7-8 peserta didik perkelompok. Kelompok tersebut dikenai tindakan sebagai kelompok eksperimen dan kontrol. Metode penelitian ini dengan menggunakan Mixed Methods, diawali dengan metode kuantitatif dilanjutkan dengan metode kualitatif. Data kuantitatif tingkat keterampilan 4C pada peserta didik dikumpulkan dengan pemberian pre-test dan post-test dengan materi energi alternatif terkait kincir air. Data kualitatif tentang proses pembelajaran IPA dan data kualitatif lainnya, diperoleh melalui observasi sesuai dengan indikator dari keterampilan 4C. Seluruh data dianalisis dengan explanotory mixed-method analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil di kelas eksperimen maupun kontrol. Pada kelas eksperimen nilai pre test rata-rata peserta didik dan nilai post test yaitu 43,3 dan 95 menunjukkan peningkatan yaitu 0,69% . Sedangkan pada kelas kontrol nilai pre test rata-rata peserta didik dan nilai post test yaitu 45,7 dan 68,57 menunjukkan peningkatan yaitu 0,57%. Sehingga dengan kesimpulan tersebut maka terdapat peningkatan yang signifikan setelah pelaksanaan pembelajaran STEAM yang diterapkan melalui materi sumber energi dengan bantuan media pembelajaran yaitu kincir air dapat membuat peserta didik memahami dan meningkatkan hasil belajar. Hasil Penilaian Observasi Keterampilan 4C menunjukkan peningkatan yaitu kelas kontrol diperoleh rata-rata 6,7% dan kelas eksperimen 9,0 % yang menunjukkan peningkatan yaitu 2,3%.
Full Text:
PDFReferences
Copeland, S., Furlong, M., Boroson, B.,. 2018. A STEAM Approach to Teaching and Learning. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, Vol 30 (3): 534-548.
Graham, N.J., Brouilette, L. 2016. Using Arts Integration to Make Science Learning Memorable in the Upper Elementary Grades: A Quasi-Experimental Study. Journal for Learning through the arts. Vol 12 (1): 1-17.
Hanafy, M.S.,. 2014. Konsep Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Lentera Pendidikan, hlm. 66-79.
Hasriani, Said, M., Jafar, A.F. 2017. Penerapan Media Pembangkit Listrik Tenaga Air (Plta) Terhadap Keterampilan Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol 5 (2): 89-95.
Keane, Linda. 2019. STEAM by Design. Design and Technology Education: An International Journal, Vol 21 (1): 61-80.
Utomo, A.P., Hasanah, L., Hariyadi, S., Narulita, E., Suratno., Umamah, N.,. 2019. The Effectivenessof STEAM-Based Biotechnology Module Equipped with Flash Animation for Biology Learning in High School. International Journal of Instruction, hlm 463-476.
Rahma, A.D., &Dkk. 2016. Implementasi Pembelajaran Sains Dengan Media Fotonovela Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sd/Mi. Journal Of Primary Education, hlm 1-9.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Suni ,Nur Sholikah Putri. 2020. Kesiapsiagaan Indonesia Menghadapi Potensi Penyebaran Corona Virus Disease. Info Singkat. Vol.XII,No.3/I/Puslit.
Wandari, G.A., Wijaya, A. F.G., Agustin, R. R.,. 2018. The Effect of STEAM-based Learning on Students’ Concept Mastery and Creativity in Learning Light and Optics. Journal of Science Learning. hlm 26-32.
Refbacks
- There are currently no refbacks.