Munculnya Kepribadian Antisosial Bagi Pengguna Instagram Stories Di Mahasiswi Universitas Sebelas Maret Surakarta

Willies Meliana, Larasati Larasati, Mutia Hasymi

Abstract

Media sosial Instagram yang sekarang ini banyak digunakan oleh anak-anak remaja, maka semakin popular juga salah satu fiturnya yaitu Instagram Stories saat ini dikalangan remaja. Teori yang digunakan adalah teori media sosial, perilaku antisosial. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik penarikan sampel yang akan diambil untuk penelitian ini adalah purposive sampling, jumlah sampelnya sebanyak 20 responden mahasiswi Universitas Sebelas Maret Surakarta untuk selanjutnya dilakukan deep interview. Hasil penelitian menunjukkan pada beberapa mahasiswi UNS yang kami Interview menunjukkan Instagram Stories dapat membuat addiction dan lebih mementingkan kehidupan mereka di media sosial daripada dunia nyata mereka.Dengan konten yang lebih beragam dan minim sensor oleh pihak Instagram pada fitur Instagram Stories ini dapat mempengaruhi pola pikir seseorang di dunia nyata. Perubahan pola pikir tersebut dapat mempengaruhi kesehatan mental dan kepribadian pada diri seseorang. Salah satu gangguan kesehatan mental atau kepribadian yang peneliti temukan dalam penelitian ini adalah antisosial yang peneliti temukan pada beberapa mahasiswi di Universitas Sebelas Maret Surakarta yang memiliki kecenderungan mengarah pada ciri-ciri kepribadian antisosial. Sehingga, dapat disimpulkan apabila terdapat korelasi munculnya kepribadian antisosial pada mahasiswi Universitas Sebelas Maret Surakarta akibat penggunaan Instagram Stories dengan melihat beberapa faktor tertentu.

Full Text:

PDF

References

Hakim, Siti Nurina & Aliffatullah Alyu Raj.2017.Dampak kecanduan internet (internet addiction) pada remaja. ISBN: 978-602-1145-49-4. Surakarta : Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hamid, Farid, A Rahman H.I & Morissan. 2020. Pro-Sosial, Anti-Sosial Pengguna Media Sosial Di Kalangan Generasi Muda. Jakarta : Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mercubuana, 2020.

dkk., Sumiati. 2009. Kesehatan Jiwa Remaja Dan Konselin. Jakarta : Trans Info , 2009.

Hidayat, D. R. 2009. Pengantar Psikologi Untuk Tenaga Kesehatan : Ilmu Perilaku Manusia. Jakarta: TIM, 2009.

Baskoro, Muhammad Dwi Panji.2010. Hubungan Antara Depresi Dengan Perilaku Antisosial Pada Remaja Di Sekolah. Semarang : Universitas Diponegoro, 2010.

Oktavianti, Mutiara Ayu. 2018. Instagram Stories Sebagai Media Self Disclosure Mahasiswi Ilmu Komunikasi Uinsa. Surabaya : Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2018.

Taqwa, Mayvita Innani. 2018. Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram Stories Dengan Kesehatan Mental. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang, 2018.

Utami, Dian Putri. 2012. Masalah Mental Dan Emosional Pada Siswa Smp Kelas Akselerasi Dan Reguler (Studi Kasus Di Smp Negeri 2 Semarang).Semarang : Jurnal Media Medika Muda, 2012.

Nolen, S. & Hoeksema. 2007. Abnormal Psychology. (4th edition). s.l. : USA : The Mc. Graw Hill Companies, 2007.

Simanullang, Dewi S. 2012. Perilaku Antisosial Remaja Di SMA Swasta Raksana Medan . No 1, Vol. 1. Sumatera Utara : Fakultas Keperawatan, Universitas Sumatera Utara, 2012.

Santrock, J. W. 2003. Adolescence Perkembangan Remaja. Jakarta : Erlangga, 2003.

Sari, Novie Paramitha & Sudaryanto, Edy. 2020. Dampak Media Sosial LINE Terhadap Perilaku Antisosial Di Kalangan Remaja Gunungsari Surabaya. Surabaya : 2020.

Supratiknya. 1995. Mengenal Perilaku Abnormal. Yogyakarta : Kanisius , 1995.

Wiguna, Tjhin. 2013. Masalah Kesehatan Mental Remaja Di Era Globalisasi. Http://Www.Idai.Or.Id. [Online] September 10, 2013. [Cited: Juni 28, 2019.] Http://Www.Idai.Or.Id/Artikel/Seputar-Kesehatan-Anak/MasalahKesehatan-Mental-Remaja-Di-Era-Globalisasi.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.