A Review: Implementasi Model Pembelajaran Active Learning Tipe Role Playing Untuk Meningkatkan Unggah-Ungguh Berbahasa Jawa di SD Islam Cokroaminoto

Nur Pratama Jofi Saputra, Niken Larasati, Eurly Meilani Setiawati

Abstract

Penggunaan bahasa Jawa di Indonesia semakin hari semakin langka. Anak-anak lebih memilih untuk menggunakan bahasa Indonesia dari pada bahasa Jawa karena bahasa jawa dianggap sulit. Bahasa Jawa yang memiliki tingkatan-tingkatan menyebabkan anak-anak kesulitan dalam menerapkan pada kehidupan sehari-hari apabila tidak diimbangi dengan kebiasaan. Pada saat ini hanya sedikit anak-anak yang menggunakan bahasa Jawa dalam percakapan sehari-hari. Kalaupun ada kebanyakan dari mereka menggunakan bahasa jawa ngoko, bahkan ketika berbicara kepada orang yang lebih tua. Berbicara dengan gurunya menggunakan bahasa jawa ngoko dan perilaku yang tidak menunjukan rasa hormat kepada guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis peneliti studi pustaka. Sumber data yang digunaka berasal dari buku, jurnal, dan artikel ilmiah yang relevan. Teknik pengumpulan data dengan cara dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Hasil penetian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran active learning tipe role playing dalam meningkatkan unggah-ungguh berbahasa jawa di sekolah sangatlah efektif untuk meningkatkan unggah-ungguh anak dalam kehidupan sehari-hari. Model pembelajaran active learning menjadi rekomendasi untuk guru dalam mengajarkan kepada anak-anak mengenai unggah-ungguh berbahasa jawa di sekolah.

Full Text:

PDF

References

Utami, Usdi Esti; Kurniati, Endang; Widayanti, Maria Johana Ari. 2019. Pembelajaran Karakter Sosial Multistatus Genre untuk Meningkatkan Politensi dalam Bahasa Jawa. J. Internasional Pendidikan Bahasa. 3(2): 9

Rinaldi, I. M. 2020. Penigkatan Kemampuan Menulis Dialog Sederhana Sesuai Unggah-Ungguh Bahasa Jawa dengan Menggunakan Metode Role Playing. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. 4(2).

Arafik, M., & Rumidjan, R. 2016. Profil Pembelajaran Unggah-Ungguh Bahasa Jawa Di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan.

Setyawan, B.W. (2018). Fenomena Penggunaan Unggah-Ungguh Basa Jawa Kalangan Siswa SMK di Surakarta. J. Widyaparwa. 45(2): 155

Idrus, Muhammad. 2012. Pendidikan Karakter pada Keluarga Jawa. J. Pendidikan Karakter. 2: 118

Suwarna & Suharti. 2014. Pendidikan Karakter Hormat Dalam Buku Pelajaran Bahasa Jawa Di Sekolah. J. Pendidikan Karakter. 4(2): 137-147.

Nurcahyaningrum, desiyana rendryasari. 2018. Pengembangan Buku Pengayaan Dialog di Lingkungan Keluarga Berbasis Unggah-ungguh untuk Siswa SMP di Kabupaten Semarang. J. Javanese Learning and Teaching. 6 (1): 2

Almerico, M, G. 2014. Building character through literacy with children’s literature. J. Research in Higher Education, 26. Retrieved from www.aabri.com

Praptanti, I. 2019. Improving The Ability of Using Krama Variant of Javanese Language through Role Play. International Journal for Educational Studies, 3(1): 56-68.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta, Bandung. hlm. 40

Purwanti. 2017. Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Krama Alus Dengan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Ngadirejo Mojogedang Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016. Indonesian Journal on Education and Research, 2(2): 1-6.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.