Konsep Diri Siswa Yang Menghadapi Ujian Nasional (Studi Pada SMK Winayaloka Krukut Depok)

Marina Ery Setiyawati, Aniek Irawatie, Iswahyuni Iswahyuni

Abstract

Ujian Nasional biasa disingkat UN/UNAS adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Peraturan [1] menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Konsep diri merupakan pandangan atau penilaian remaja terhadap diri sendiri. Konsep diri yang tepat akan membantu remaja untuk mengenali dirinya dan merupakan alat kontrol bagi perilaku remaja. Apabila konsep diri remaja positif maka perilaku yang ditampilkan juga positif. Sebaliknya, apabila konsep diri remaja negatif maka perilaku yang ditampilkan akan negatif.  Hasil dari penelitian ini adalah adalah siswa-siswi setidaknya sudah mendapatkan wawasan tentang bagaimana membentuk konsep diri yang positif dan bagaimana mereka lebih siap untuk ujian nasional.

Full Text:

PDF

References

Peraturan-Peraturan

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, 2003, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta.

Panduan Teknis Pengambangan Kultur Sekolah. Jakarta 2009 : Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Buku

Molelong, Lexy. J, 2009, Metode Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Montana, “Positive & Negative Self Concept”, 2001. www.montana.edu (www 4h/Self. Html-8k).

Musfir, Konseling Terapi, Jakarta, 2005.: Gema Insani Press.

Rahmat, 2005. Psikologi Komunikasi. Edisi ke-22. Bandung: PT Remaja RosdaKarya.

Semiun OFM, Yustinus. 2006. Teori Kepribadian & Terapi Psikoanalitik Freud, Yogyakarta: Kanisius. Siswa SLTA gagal dalam ujian. 2006, 23 Juni. Jakarta Post, hal. 1.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susana, dkk, Jakarta, 2006. ”Konsep Diri Positif Menentukan Prestasi Anak”, Kanisius.

Hasil Riset

Pudjijogyanti, C.R, 1985. ”Konsep Diri dalam Proses Belajar Mengajar”, Pusat Penelitian Unika Atmajaya, Jakarta.

Jurnal

Malik, Muhammad Anas, 2003.”Pengaruh Kualitas Interaksi Orang tua-Anak dan Konsep Diri Terhadap Kecerdasan Emosional Pada Siswa SMU di Makasar”, Jurnal Psikologi. No.1, 51-63. Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makasar.

Media

Gunarso, Singgih. Psikologi Perawatan, Jakarta, 2003: Gunung Mulia. Konsep diri sebagai alat kontrol perilaku. 23 November 2002, Harian Suara Merdeka.

Konsep diri sebagai alat kontrol perilaku, 2002, Harian Suara Merdeka 23 November 2002.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.