Komunikasi Pemasaran dengan Konsep IMC Bagi Desa Wisata Industri Kerajinan Rotan Trangsan

Nidyah Widyamurti

Abstract

Desa Trangsan sudah lima tahun diposisikan sebagai Desa Wisata Industri Kerajinan Rotan oleh Pemerintah Kabupaten Sukoharjo. Akan tetapi belum mempunyai program komunikasi pemasaran secara terintegrasi. Padahal, Desa Trangsan sudah mempunyai segmentation, targeting, positioning, dan differentiation yang jelas yang akan menjadi dasar perancangan program komunikasi pemasarannya. Di era komunikasi digital saat ini, teknologi digital sangat efektif untuk digunakan sebagai media komunikasi dengan pasar sasaran. Kegiatan pengabdian masyarakat oleh RG DKV Media Interaktif di bulan Agustus 2020 yang lalu merupakan kegiatan awal yang sangat strategis bagi pengembangan Desa Trangsan kedepan; workshop Fotografi Digital dan workshop Pemasaran Digital dilaksanakan dengan tujuan untuk mempersiapkan masyarakat untuk kegiatan berikutnya. Kegiatan tersebut juga membuka banyak kesempatan untuk menyelenggarakan kegiatan lain di sana. Metode pendekatan masyarakat dengan komunikasi aktif dengan cara silaturahim merupakan teknik pendekatan yang paling tepat, selain didukung pula oleh observasi lapangan, wawancara dengan narasumber, dan dokumentasi arsip. Program komunikasi pemasaran dengan Integrated Marketing Communication (IMC) dianggap tepat karena menyajikan langkah-langkah perumusan startegi komunikasi pemasaran yang terintegrasi. Konsep IMC akan membuat kegiatan perumusan program komunikasi menjadi lebih terarah dan terintegrasi dengan program kegiatan lainnya. Dengan workshop Fotografi Produk dan workshop Pemasaran Digital warga desa Trangsan telah mampu membuat foto-foto produk untuk kepentingan pemasaran digital produk rotan mereka secara mandiri. Kualitas foto yang dihasilkan sudah lebih bagus dan aktifitas pemasaran melalui media sosial dan media digital lainnya mulai aktif kembali.

Full Text:

PDF

References

Artikel Jurnal

Sri Suranta, Sulardi, Muhammad Syafirurrahman. 2020. Metode Pemasaran On Line untuk Meningkatkan Penjualan Ekspor Rotan di Desa Trangsan Gatak Sukoharjo. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Abdi Laksana. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Volumen 1 Nomor 1, Januari 2020

Ivanov, Adelina Eugenia. 2012. The Internet’s Impact on Integrated Marketing Communication. The Bucharest University of Economic Studies. Procedia Economic and Finance 3. p536-542. Romania: Elsevier

Schultz, D.E., Schultz, H.F. 2004. IMC, The Next Generation: Five Steps for Delivering Value and Measuring Financial Returns. McGraw-Hill

Artikel Jurnal Diterima tapi belum diterbitkan

Nidyah Widyamurti, Arif Ranu Wicaksono, Lalita Gilang, Jauhari, Hermansyah Muttaqin. 2020. Perancangan Coffee Table Book untuk Mendukung Program Pemasaran Desa Wisata Trangsan sebagai Implementasi Branding dengan Konsep IMC. Jurnal Nasional: Demandia. Bandung: Telkom University (sedang proses review)

Buku

Damanik, J. 2013. Pariwisata Indonesai: Antara Peluang dan Tantangan. 1st Edition. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Freddy Rangkuti. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. ISBN 978-979-22-4702-2

Kementerian Pariwisata. 2019. Buku Pedoman Desa Wisata (E-Book). Edisi 1. September 2019

Kotler, Phillips. 2003. Marketing Management. 11th Edition (International Edition). New Jersey: Prentice Hall

Percy, Larry. 2014. Strategic Integrated Marketing Communications. 2nd Edition. New York: Routledge Publishing

Prosiding Konferensi

Nidyah Widyamurti, Arif Ranu Wicaksono, Lalita Gilang, Jauhari, Hermansyah Muttaqin. 2020. Workshop Foto Produk dan Pemasaran Digital untuk Mendukung Pemasaran Produk UKM Klaster Rotan Desa Trangsan. Dalam: Webinar LPPM-UNS 8 Oktober 2020 dengan tema Peran Perguruan Tinggi Dalam Pemberdayaan Masyarakat di Era New Normal. Surakarta: Jurnal Activa

Nuryanti, W. 1993. Concept, Perspektif and Challenges. Konferensi Internasional mengenai Pariwisata Budaya. Dipresentasikan pada Yogyakarta. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Sumarno, R.M Pramutomo, Agung Cahyana, Dasmadi. 2019. Grebeg Penjalin, Transformasi dari Petani-Perajin Bambu, Sentra Industri Mebel Rotan, ke Wisata Edukasi Industri Mebel Rotan. Prosiding Seminar Nasional Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat (SNPM). Surakarta: Institut Seni Indonesia. 5 Oktober 2019

Publikasi Media Massa

Arif Ranu. 2020. Pengabdian Masyarakat Dosen DKV Sekolah Vokasi UNS di Desa Trangsan. www.kompasiana.com/arifranu. 16 September 2020. https://www.kompasiana.com/arifranu/5f5f9763d541df27337621e4/pengabdian-masyarakat-dosen-dkv-sekolah-vokasi-uns-di-desa-trangsang

Arif Ranu. 2020. Perajin Rotan Desa Trangsan Dilatih Fotografi dan Pemasaran Digital. Dipublikasikan di www.radarsolo.jawapos.com. 16 September 2020. https://radarsolo.jawapos.com/read/2020/09/16/214210/perajin-rotan-desa-trangsan-dilatih-fotografi-pemasaran-digital

Laporan Riset

Nidyah Widyamurti, Arif Ranu Wicaksono, Lalita Gilang, Jauhari, Hermansyah Muttaqin. 2020. Workshop Pemasaran Digital dan Fotografi Produk bagi UKM Klaster Rotan sebagai Implementasi Program Branding dengan Konsep IMC untuk Mendukung Program Pemasaran Produk Desa Wisata Trangsan, Gatak, Sukoharjo. Laporan Akhir Pengabdian Masyarakat. Surakarta: LPPM-Universitas Sebelas Maret

Refbacks

  • There are currently no refbacks.