The Effectiveness of Using Voiced Ball Media in Physical Education Learning for Blind Students: Narrative Literature Review

Nisa Hamidah, Burhan Hambali, Alit Rahmat

Abstract

Setiap orang berhak mendapatkan kesempatan yang sama dalam mendapatkan pembelajaran dan memaksimalkan potensi jasmaniahnya melalui pendidikan jasmani, termasuk siswa penyandang disabilitas (tunanetra). Dalam pelaksanaannya, guru perlu memilih dan menggunakan media pembelajaran yang tepat guna membantu siswa tunanetra dalam meningkatkan kemampuan orientasi dan mobilitas dalam pembelajaran penjas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan inovasi media bola bersuara dalam pembelajaran penjas untuk siswa tunanetra dengan menggunakan pendekatan review artikel. Adapun pencarian literatur dilakukan melalui mesin pencari Google Scholar dan database elektronik. Pencarian artikel dibatasi pada publikasi 5 tahun terakhir dan diterbitkan pada Jurnal Nasional/Internasional terakreditasi yang dapat diakses secara terbuka (open access). Hasil identifikasi data menggunakan Narrative Literature Review menunjukan bahwa penggunaan media bola bersuara sangat efektif digunakan dalam pembelajaran penjas untuk siswa tunanetra karena dapat mempermudah mereka dalam mengetahui posisi bola. Selain itu diketahui pula bahwa penggunaan media bola bersuara ini mempengaruhi kemampuan orientasi dan mobilitas serta meningkatkan minat siswa untuk bergerak aktif dalam pembelajaran penjas.

Keywords

Penjas adaptif; media bola bersuara; tunanetra

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.