PENGARUH MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PENJASORKES

Vera Septi Sistiasih

Abstract

Media pembelajaran adalah sarana untuk menyampaikan materi atau informasi kepada siswa. Dengan adanya media pembelajaran yang inovatif dan kreatif mendorong siswa untuk lebih tertarik pada materi pelajaran yang disampaikan. Selain itu media pembelajaran juga efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu media pembelajaran yang menarik adalah scrapbook. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh media pembelajaran scrapbook terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VI SD Negeri Blangu 3 pada mata pelajaran pendidikan jasmani dan bagaimana pengaruhnya terhadap mereka?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran scrapbook terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VI SD Negeri Blangu 3 pada mata pelajaran pendidikan jasmani. Untuk pengumpulan data penelitian, peneliti menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian studi kasus, yaitu hanya satu kelas yang diberi perlakuan kemudian mengamati hasilnya. Peneliti mengumpulkan data menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa ada pengaruh penggunaan media scrapbook terhadap hasil belajar kognitif siswa yang dilakukan posttest.
Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa scrapbook media memiliki pengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil tes kognitif siswa, pada pretest siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebesar 71%. Setelah diberikan perlakuan yaitu penggunaan scrapbook, semua siswa mendapat nilai di atas KKM. Dari data pretest dan posttest menunjukkan bahwa kemampuan siswa untuk menjawab pertanyaan telah meningkat setelah diberikan perlakuan.

Keywords

Pengaruh Media Pembelajaran, Scrapbook, Hasil Belajar Penjas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.