PENINGKATAN HASIL TES FISIK ATLET PORPROV KOTA SURAKARTA TAHUN 2016 DAN 2017

Djoko Nugroho

Abstract

Tes ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kondisi fisik atlet porprov kota surakarta. Tes yang digunakan adalah tes kemampuan kondisi fisik secara umum yang meliputi kekuatan, daya tahan, kecepatan, kelentukan dan daya ledak.
Untuk mengetahui kekuatan otot atlet yang digunakan adalah tes kekuatan peras tangan/Grip strength. Untuk mengetahui daya tahan otot dipergunakan tes daya tahan otot lengan dan bahu dengan menggunakan push up, daya tahan otot perut dengan menggunakan sit up dan daya tahan kardiorespiratori dengan menggunakan tes lari multi tahap (Multi-Stage Fitness Test). Tes kecepatan menggunakan lari sprint 40 m. Tes pengukuran yang di pakai untuk mengetahui daya ledak otot tungkai atlet adalah vertikal jump. Dan tes yang dipakai untuk mengetahui kelentukan otot punggung dengan menggunakan sit and reach test.
Dari 41 cabor yang ada data yang diambil dari hasil tes yang telah diselenggarakan. Data yang terkumpul merupakan data deskriptif yang kemudian dikonversi menjadi data kuantitatif dengan indeks penilaian yang telah ditentukan sesuai dengan pencapaian indikator dan sub indikator pada tiap item

Keywords

Tes Kondisi Fisik Atlet Porprov Surakarta

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.