PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING BELAKANG

Dian Noviana Ertanti, Djoko Nugroho

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar guling belakang peserta didik kelas XI-IPS 2 SMA N 2 Surakarta tahun ajaran 2016/2017.

Penelitian inimerupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-IPS 2 SMA N 2 Surakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlas 25 peserta didik. Sumber data adalah peserta didik, guru, dan peneliti. teknik pengumpulan data adalah dengan   observasi dan tes. Validitas data dengan  menggunakan  teknik trianggulasi. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam proses pembelajaran.

Pelaksanaan tindakan pada   siklus I dan siklus II terjadi proses pembelajaran yang aktif, efektif, efisien, dan menyenangkan sehingga dapat  mendukung terjadinya pembelajaran yang berkualitas. Hasil penelitian menunjukkan  dari kondisi awal ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan persentase ketuntasan. Ketercapaian ketuntasan hasil belajar guling belakang siklus I sebesar 40% atau 10 dari 25 peserta didik dan pada siklus II ketercapaian ketuntasan hasil belajar mencapai 80% atau 20 dari 25 peserta didik, sedangkan 5 peserta didik tidak tuntas sehingga hasil belajar sudah melampaui target capaian yang ditetapkan dalam penelitian ini yaitu 80%.

 Simpulan  penelitian ini adalah melalui model pembelajarana cooperative learning tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar guling belakang pada peserta didik kelas XI-IPS 2 SMA N 2 Surakarta tahun ajaran 2016/2107.

Keywords

hasil belajar; guling belakang; cooperative learning; group investigation

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.