Optimalisasi Pembelajaran Senam Irama Melalui Pendekatan Project Based Learning di SMK Negeri H. Moenadi Ungaran (SPMA)

Nasrulloh Akhsanul Manani

Abstract

Pembelajaran senam irama sering menghadapi kendala berupa rendahnya motivasi dan partisipasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pembelajaran senam irama melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) pada siswa kelas XI APHP 2 SMK Negeri H. Moenadi Ungaran. Penelitian menggunakan pendekatan tindakan kelas model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes praktik keterampilan senam irama dan observasi aktivitas siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, mendorong kreativitas dalam menyusun gerakan, serta membangun kerja sama yang lebih efektif dalam kelompok. Selain itu, siswa menunjukkan peningkatan motivasi dan kepercayaan diri dalam menampilkan hasil proyek senam irama yang mereka rancang sendiri. Penerapan PjBL terbukti dapat mengubah pembelajaran yang awalnya pasif menjadi aktif dan bermakna. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model Project Based Learning efektif untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa pada materi senam irama di tingkat SMK.

Keywords

senam irama, Project Based Learning, pembelajaran PJOK

Refbacks

  • There are currently no refbacks.