UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA PERKULIAHAN MOTOR BAKAR MAHASISWA PRODI PTM FKIP UNS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ajif, P. (2019). Pola Jaringan Sosial pada Industri Kecil Rambut Palsu di Desa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga. Jurnal Penelitian, 31–40. https://eprints.uny.ac.id/18100/5/BAB III 09.10.033 Aji p.pdf
Bayat, S., & Ahmad, R. (2012). Effects of problem-based learning approach on cognitive variables of university students. Procedia Social and Behavioral Sciences, 46, 3146–3151. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.027
E. Mulyasa, M. P. (n.d.). Langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas. 1-.
Gaol, B. K. L., Silaban, P. J., & Anton, S. (2022). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V Sd. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(3), 767. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8538
Haq, M. A. (2016). Pengaruh prestasi belajar, kondisi sosial ekonomi orang tua dan self efficacy terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa ips. Economic Education Analysis Journal, 5(3), 1037, 1044.
Heningtyas, M. A., Sjamsuddin, S., & Hadi, M. (2010). Peran Pemerintah Dan Masyarakat Dalam Upaya Pengembangan Pendidikan Nonformal. Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 2, No(2), 5.
Kirom, M. S. (2017). Evaluasi Sistem Struktur Gedung Mapolda Jawa Tengah Menggunakan Sistem Rangka Pemikul Momen.
Mosahab, R., Mahamad, O., Ramayah, T., RA Nur Amalina, Ekonomi, F., Diponegoro, U., Citraluki, J., Studi, P., Fakultas, A., Dan, E., Surakarta, U. M., Efendi, P., Mandala, K., عبدالله،ماهر, Fayzollahi, S., Shirmohammadi, A., Latifian, B., 崔宇红, 楚恒亚, … Akuntansi, J. R. (2011). No Title福島県況調査. In 图书情报工作 (Vol. 4, Issue 3).
Palennari, M. (2018). Problem Based Learning ( PBL ) Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Pebelajar Pada Pembelajaran Biologi Problem Based Learning ( PBL ) Empowering Student Critical Thinking Skills at Biological Learning. Proseding Seminar Biologi Dan Pembelajarannya, 2008, 599–608.
Palobo, M., Nur’aini, & Dwi, K. (2021). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Siswa. Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(3), 106–118.
Pamuji, S., & Wiyani, N. A. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis Information and Communication Technology. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 173. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.42726
Rahman, A., Khaeruddin, K., & Ristiana, E. (2020). Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN 30 Sumpangbita. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 29–41. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.201
Rais, A. A., & Suswanto, H. (2017). Perbandingan Implementasi Model Problem Based Learning dan Direct Instruction dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Pendidikan, Dan Pengembangan, 2(8), 1043–1049. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Saraswandewi, K. G., & Sumandya, I. W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Mathball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Matematika, 3(1), 23–30. https://doi.org/10.36733/pemantik.v3i1.6015
Setiawati, L. (2019). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences 140. 140–150.
Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Terhadap. Jurnal Pendidikan Mosharafa, 5(1), 1–10.
Vandini, I. (2015). Peran kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa. 5(3), 210–219.
Yuliawanti, E., Suciati, & Ariyanto, J. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Scaffolding Learning Activities terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa The Influence of Problem Based Learning Model with Scaffolding Learning Activities toward Students ’ Problem Solving Skills. Bio Pedagogi : Jurnal Pembelajaran Biologi, 8(1), 23–29.Refbacks
- There are currently no refbacks.