PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X TKR II SMK NEGERI 2 KUPANG

Nur azizah hasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Elemen Gambar Teknik kelas X TKR II SMK Negeri 2 Kupang. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Kupang tahun pelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental One-Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian ini sebanyak 32 siswa yang diajar dengan menggunakan model Project Based Learning. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil analisis menggunakan SPSS versi 29 dengan uji t diperoleh nilai signifikan ɑ = 0,001 < 0,05. Maka dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar Gambar Teknik siswa kelas X TRK II SMK Negeri 2 Kupang.

Keywords

Project, student learning outcomes, engineering drawings

Full Text:

PDF

References

Sudjana, N. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo. Bandung.

Sugiyono. 2015. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta. Bandung. 346 hlm.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.