Penerapan Pembelajaran Berdiferensi di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adlini, Miza Nina, Anisya, H. D., Sarah, Y., Octavia, C., dan Sauda, J. M. Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Jurnal Edumaspul, 6(1): 974-980. Amalia, Riska dan Gde Agus Y. P. A. 2023. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB), 9(1):53-61. Arif, Hermawan, Mazziyatul M., Virginia, M., Zukhurufiyah M. S., Muhammad F. K., Tiodora, H. S. Jurnal Ketenagakerjaan, 18(3):262-277. Avcu, M. & Yaman, S. 2022. The Effect of Differentiated Instruction on The Academic Achievement of Students with Different Learning Styles. International Journal of Instruction, 15(1):189-202. Aziz, Adek Cerah K. dan Siti K. Lubis. 2023. Asesmen Diagnosti sebagai Penilaian Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2):20-29. Damayanti, Farikha, Tutik S., dan Anton S. 2023. Pelaksanaan Pembelajaran di SMK Negeri 6 Surakarta. Journal of Research and Development on Public Policy (jarvic), 2(3):126-141. https://doi.org/10.58684/jarvic.v2i3.83 Fitriyah dan Moh Bisri. 2023. Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman dan Keunikn Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 9(2): 67-73. Halimah, Nurul, Hadiyanto, dan Rusdinal. 2023. Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Bentuk Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1):5019-5033. Idamayanti, Reski, Nurhidayah, dan Ashar. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMK Negeri 4 Pangkajene di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Seminar Nasional Paedagoria Universitas Muhammadiyah Mataram, Volume 2:75-83. Isrotun, Umi. 2022. Upaya Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik Melalui Pembeajaran Berdiferensiasi. Seminar Nasional Teknologi dan Mutidisiplin Ilmu, 2(2):1-10. Kasman dan Siti K. Lubis. 2022. Teachers Performance Evaluation Instrumen Design in the Implementation of the New Learning Paradigm of the Merdeka Curriculum. Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 8(3):760-775. Lestariningrum, Anik. 2022. Konsep Pembelajaran Terdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD. Semdikjar 5,179-184. Malahayati, Eva Nurul. 2003. Bab 14 Perencanaan Pembelajaran. Halaman 193-217. Marlina. 2020. Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: Afifa Utama. Mukhlason, Akhmad, Titiek W., dan Eppy Y. 2020. Analisa Indikator SMK Penyumbang Pengangguran di Provinsi Jawa Timur. Journal of Vocational and Technical Education, 2(2):29-36. Mumpuniarti, Aini M., dan Rendy R. Handoyo. 2023. Diferensiasi Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press. Putri, Youlinda L., dan Achmad Rifai. 2019. Pengaruh Sikap dan Minat Belajar Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C. Journal of Nonformal Education and Community Empowement, 3(2):173-184. Savitri, Ni Putu W. dan I Dewa P. J. 2023. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMAN 11 Denpasar. Jurnal Santiaji Pendidikan, 13(2):97-102. Sudjendro, Herry dan Yuli R. 2023. Buku Ajar Mata Kuliah Prinsip Pengajaran dan Asesmen I di Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Sugiarto, S., Adnan, Aini R.Q., Suhendra R., dan Ubaidullah. 2023. Pelatihan Implementasi Asesmen Diagnostik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bagi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Taliwang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1):76-80. Sumantri, Darmawan, Subijanto, Siswantari, Sudiyono, Warsana. 2017. Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 4 Tahun. Jakarta: Puslitjakdikbud. Thomlinson, Carol Ann. 2014. The Differentiated Classroom 2nd Edition. Dapat diakases pada: http://www.ascd.org/Publications/Books/Overview/Leading-and-Managing-a-Differentiated-Classroom.aspx . Wahyuningsari, Desy, Yuniar M., Lailatul H., Febrianti K., dan Intan P. Sari. 2022. Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(4):529-535. Wijayanti, Dyah Ayu, dan Dwi R. Prihandini. 2024. Realisasi Merdeka Belajar dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Diferensiasi Proses pada Siswa SMA Kelas X. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2):1-9.
Refbacks
- There are currently no refbacks.