FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT WIRAUSAHA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DAN NON KEPENDIDIKAN DI UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA
Abstract
Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk yang padat namun minim lapangan pekerjaan meningkatkan tingkat kekhawatiran pada mahasiswa untuk mendapat pekerjaan dan mulai berfikir untuk memulai sebuah usaha (wirausaha). Hal ini terjadi baik pada mahasiswa ekonomi maupun non ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi minat wirausaha khususnya pada mahasiswa Pendidikan mapunun non kependidikan. 156 mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan 70 mahasiswa non kependidikan dan 86 mahasiswa Pendidikan terlibat sebagai responden dari kuesioner yang telah didistribusikan menggunakan Google Form. Dengan hasil menunjukkan bahwa minat wirausaha pada mahasiswa Pendidikan lebih unggul dari mahasiswa non Pendidikan. Hal ini dapat terjadi karena mahasiswa FKIP memiliki keunggulan dalam Public Speaking, berkomunikasi, menganalisis, dan menentukan perlakuan yang tepat terhadap peserta didik yang dapat di aplikasikan juga pada kehidupan social maupun untuk memulai suatu usaha (wirausaha)
Keywords
References
Primandaru, N. (2017). Analisis FaktorFaktor Yang Berpengaruh Pada Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Economia, 13(1), 68. https://doi.org/10.21831/econom ia.v13i1.13276 Rosmiati, R., Junias, D. T. S., & Munawar, M. (2015). Sikap, Motivasi, Dan Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship), 17(1), 21-30. https://doi.org/10.9744/jmk.17.1. 21- 30
Shinnar, R., Pruett, M., & Toney, B. (2009). Entrepreneurship Education: Attitudes Across Campus. Journal of Education for Business, 84(3), 151– 159. https://doi.org/10.3200/JOEB.84.3.15 1-159 Suhandani, D., & Kartawinata, J. (2014). Identifikasi Kompetensi Guru Sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik Di Kabupaten Sumedang (Kajian Pada Kompetensi Pedagogik). Mimbar Sekolah Dasar, 1(2). https://doi.org/10.17509/mimbarsd.vli2.874
Refbacks
- There are currently no refbacks.