HUBUNGAN KETERLIBATAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK BHINNEKA KARYA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) adanya keterlibatan orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa kelas X SMK Bhineka Karya Surakarta Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (2) Pengaruh motovasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa kelas X SMK Bhineka Karya Surakarta Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan serta silmutan prestasi belajar terhadap keterlibatan orangtua dan motivasi belajar siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan penelitian korelasi. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa X SMK Bhineka Karya Surakarta Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dengan jumlah 109 siswa. Pengujian penelitian ini menggunakan variabel yang terdiri dari 2 variable bebas yakni pengaruh keterlibatan orang tua dan besarnya motivasi belajar, serta 1 variabel terikat yakni grafik prestasi belajar produktif. Penyebaran angket dan kemudian didokumentasikan merupakan metode pengumpulan data yang digunakan. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dengan signifikan pada pengaruh keterlibatan orangtua terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa kelas X SMK Bhineka Karya Surakarta Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (r hitung> r tabelatau 0,240 > 0,212 pada taraf signifikansi 5%), (2) Adanya hubungan yang positif dengan signifikan pada motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa kelas X SMK Bhineka Karya Surakarta Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (r hitung > r tabel atau 0,219 > 0,212 pada taraf signifikansi 5%), (3) Pengaruh hubungan positif yang signifikan pada keterlibatan orang tua dengan motovasi belajar yang terjadi secara simultan prestasi belajar mata pelajarn produktif siswa kelas X SMK Bhineka Karya Surakarta Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (Ry = 0,342 dengan F hitung > F tabel atau 5,501 > 3,11 pada taraf signifikansi 5%), dapat ditarik hipotesis bahwa yang dikemukakan terbukti kebenarannya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta.
Apriyantoko. (2014). Hubungan Prestasi Mata Pelajaran Produktif dan Bimbingan di Industri dengan Prestasi Praktik Kerja Industri Siswa Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Magelang. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta. Diperoleh pada 27 April 2016 dari ttp://eprints.uny.ac.id.
Astuti, A.E. (2010). Hubungan Antara Peran Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Karangdowo Klaten. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Aunurahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Bungin, M.B. (2006). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media Group.
Depdiknas. (2007). Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum SMK. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.
Djamarah, S.B. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.(2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fernandez, J.L.A.C., & Joyce, P.T.H.J. (2015). Vocation, Motivation and Approaches to Learning: a comparative study, Education + Training, vol. 57 Iss 1 pp.13-30. Diperoleh pada 16 Februari 2016, dari http://dx.doi.org/10.1108/ET-02-2013-0014.
Mudjiman, H. (2008). Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press.
Mutmainah, I. (2010). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Dalam Bidang Qur’an Hadits Siswa Kelas XI di MAN Wonokerto Bantul Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Diperoleh pada 12 Januari 2016, dari http://digilib.uinsuka.ac.id.
Pranadi, A.D. (2014). Hubungan Media Pembelajaran, Peran Orang Tua Dan Lingkungan Belajar Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas X Rumpun Bangunan SMK Negeri 1 Bendo Magetan Tahun Pelajaran 2012 /2013. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Prasetyo, J. (2010). Implementasi Project Work sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Praktek Produktif di SMK Negeri 1 Bintan. Diperoleh pada 15 Ferbruari 2016, dari http://fr.slideshare.net/joko.prasetiyospd/implementasiprojectworkdalampembelajaranpraktekproduktifdi-smkn-1-bintan-11495252.pdf
Purwanto, N. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Safitri, L.A. (2014). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 3 Rejotangan Tulungagung tahun 2013/2014. Tulungagung: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Diperoleh pada 12 Januari 2016, dari http://eprints.uny.ac.id.
Sardiman A.M. (2014). Ineraksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Gravindo Persada.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2014). Metode PenelitianKuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Uno, H.B. (2006). Teori Motivasi dan Pengukuran : Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Widhiarso, Wahyu. Mencari Sumbangan Efektif Aspek Variabel. Diperoleh 22 April 2016, dari http://widhiarso.staff.ugm.ac.id/files/Menca%20Sumbanngan%20Efektif%20Aspek%20ariabel.pdf.
Wooden, Steven. (2010). Correlation Between Parent Involvement And Student Success. St. John Fisher College. Diperoleh pada 12 Januari 2016, dari http://fisherpub.sjfc.edu/education_ETD_master.
Refbacks
- There are currently no refbacks.