PUBLIKASI PENERBIT JAVANICA DALAM MEDIA SOSIAL: TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA ROBERT ESCARPIT

Jalu Setyo Nugroho

Sari

Alasan yang mendasari dilakukannya penelitian ini, yakni maraknya penggunaan medsos di masyarakat dan potensi medsos sebagai sirkuit sastra di era digital yang dapat menjadikannya sebagai media konsumsi sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah (i) mendeskripsikan teknik penerbit Javanica menjalankan kegiatan publikasi dan sirkuit distribusi di medsos facebook dan instagram; (ii) mendeskripsikan pengaruh/hasil yang dicapai penerbit Javanica dalam menggunakan medsos facebook dan instagram. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah wawancara, pengamatan dan dokumentasi aktivitas penerbit di medsos. Javanica mengikat publiknya dengan gagasan. Selain itu. Javanica juga melakukan strategi khusu dalam mempromosikan penerbit maupun bukunya. Javanica sebagai toko buku yang mengawali karirnya di medsos hingga mei memiliki 180 ribu pengikut di facebook, dapat menembus toko buku besar, dan berhasil menjadikan beberapa bukunya sebagai best-seller.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Bungin, B. (2006). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Daryanto. (2013). Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Escarpit, R.(2005). Sosiologi Sastra. Terjemahan oleh Ida Sundari. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Moleong, L. J. (2001). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nazir, M. (1999). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.