HIKAYAT MAHARAJA RAWANA: SUNTINGAN TEKS DAN ANALISIS SKEMA AKTAN A. J. GREIMAS

Adhika Fatiya Nur Fadhilla

Sari

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana suntingan teks Hikayat Maharaja Rawana; (2) bagaimana skema aktan dan struktur fungsional teks Hikayat Maharaja Rawana berdasarkan teori struktural A. J. Greimas; (3) bagaimana korelasi antara skema aktan dan struktur fungsional teks Hikayat Maharaja Rawana.Tujuan penelitian ini adalah (1) menyediakan suntingan teks Hikayat Maharaja Rawana; (2) mendeskripsikan skema aktan dan struktur fungsional teks Hikayat Maharaja Rawana; (3) mendeskripsikan korelasi antara skema aktan dan struktur fungsional untuk menemukan struktur utama cerita teks Hikayat Maharaja Rawana. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu teks Hikayat Maharaja Rawana dengan kode naskah Schoemann V 4 dan tersimpan di Perpustakaan Berlin, Jerman. Adapun data penelitian ini yaitu kalimat atau paragraf yang memiliki fungsi membentuk sebuah peristiwa yang terdapat dalam teks HMR. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pustaka. Metode penyuntingan yang digunakan adalah metode standar. Teknik pengolahan data penelitian adalah tahap deskriptif, tahap analisis dan tahap evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan: (1) suntingan teks terdapat kesalahan salin tulis yang terdiri atas 56 lakuna, 16 substitusi, 44 ditografi, 5 transposisi, 4 adisi, 64 kata yang tidak terbaca dan 4 ketidakkonsistenan penulisan; (2) analisis struktural berdasarkan teori Algirdas Julien Greimas dalam teks Hikayat Maharaja Rawana diketahui terdapat 18 skema aktan dan struktur fungsiona;(3) Korelasi antara skema aktan dan struktur fungsional menghasilkan struktur utama cerita teks Hikayat Maharaja Rawana.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Achadiati, I. (1980). Hikayat Sri Rama: Suntingan Naskah disertai Telaah Amanat dan Struktur. Jakarta: Universitas Indonesia.

Baroroh-Baried, S. dkk. (1985). Pengantar Teori Filologi. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Djamaris, E. (2002). Metode Penelitian Filologi. Jakarta: CV Manasco.

Fang, L. Y. (1993). Sejarah KesusasteraanMelayu Klasik. Jakarta: Erlangga.

Herdiansyah, H. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Jabrohim. (1996). Pasar dalam Perspektif Greimas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rokhmansyah, A. (2014). Studi dan Pengkajian Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Suwondo, T. (1994). Analisis Struktural “Danawasari Putri Raja Raksasa”: Penerapan Teori A. J. Greimas. Yogyakarta: Balai Penelititan Bahasa.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.