FUNGSI PENGGUNAAN DISFEMISME DALAM KOMENTAR INSTAGRAM @MEME.COMIK.INDONESIA

Amalia Fitri

Sari

Penelitian ini membahas fungsi penggunaan disfemisme dalam komentar di akun Instagram @meme.comik.indonesia. Permasalahan yang akan dibahas adalah bagaimana fungsi penggunaan disfemisme dalam kolom komentar Instagram @meme.comik.indonesia. Data yang digunakan adalah kata, frasa, klausa, dan kalimat yang mengandung disfemisme. Data dalam penelitian ini diambil dari unggahan pada bulan Oktober tahun 2018. Sumber data yang digunakan adalah akun Instagram @meme.comik.indonesia. Metode penyediaan data dalam penelitian ini adalah metode simak dengan teknik catat dan teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC). Metode analisis data yang digunakan adalah metode agih dengan teknik dasar bagi unsur langsung, teknik lanjutan berupa teknik lesap dan teknik ganti, serta metode padan dengan teknik dasar Pilah Unsur Penentu (PUP). Simpulan dari penelitian ini yaitu; terdapat lima fungsi penggunaan disfemisme dalam komentar di akun @meme.comik.indonesia antara lain fungsi menghina, fungsi mengungkapkan ketidaksepakatan, fungsi untuk mengungkapkan kekesalan, fungsi untuk menyindir, dan fungsi untuk mengungkapkan keheranan atau keterkejutan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Chaer, A. (1994). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

https://www.idntimes.com/science/discovery/eka-supriyadi/riset-instagram- media-sosial-paling-buruk-bagi-kesehatan-mental-c1c2 (Diakses pada tanggal 21 Desember 2018).

Keith, A & Burridge, K. (1991). Dysphemism. New York: Oxford University Press.

______. (2006). Forbidden Words Taboo and the Cencoringof Language.New York: Cambridge University Press.

KBBI Luring edisi V.

Kridalaksana, H. (1994). Kelas Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Purnanto, D. (2002). Register Pialang Kendaraan Bermotor. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Rohmadi, M,et al. (2012). Morfologi Telaah Morfem dan Kata. Surakarta: Yuma Pustaka.

Subroto, E. (2011). Semantik dan Pragmatik. Surakarta: Cakrawala Media.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa:Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistik. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sutarman. (2013). Tabu Bahasa & Eufemisme. Surakarta: Yuma Pustaka.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.