PENGUASAAN BAHASA ANAK PENDERITA DOWN SYNDROME DI SLB ABCD YAYASAN SUKA DHARMA POLOKARTO KABUPATEN SUKOHARJO

Isti Tri Prasetyo

Sari

Down syndrome merupakan kelainan berlebihnya kromosom 21 yang mengakibatkan kelainan secara fisik dan mental sehingga menyebabkan kemampuan berbicara dan berbahasa terganggu karena kondisi alat artikulator yang tidak sempurna dan mengalami kesulitan memahami suatu konsep benda maupun kata karena tingkat inteligensi rendah.  Keterbatasan inilah yang membuat anak penderita Down syndrome mengalami gangguan berbahasa. Penelitian ini bertujuan untuk (i) mendeskripsikan pola-pola penyimpangan fonologis dan (ii) mendeskripsikan pemahaman makna terhadap konsep suatu leksikon yang terjadi pada anak penderita Down syndrome. Penelitian yang bersifat kualitatif ini menggunakan subjek jamak yang terdiri dari tiga informan yang merupakan penderita Down syndrome di SLB ABCD Yayasan Suka Dharma Polokarto, Kabupaten Sukoharjo.  Penyimpangan fonologis yang terjadi pada data yang ditemukan yakni reduksi bunyi dan silabe, serta substitusi bunyi. Dari segi mental, pemahaman makna suatu konsep ditemukan gejala perluasan makna, penyempitan makna, dan onomatope.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Chaer, Abdul. 2015. Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Clark, Herbert H, dan Eve V. Clark. 1977. Psychology and Language an Introduction to Psycholinguistics. New York: Harcourt Brace and Javanovich. Inc.

Dardjowidjojo, Soenjono. 2000. Echa: Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Jakarta: Grasindo.

______.2008. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman dan Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Peccei, J. St. 2006. Child Language: A Resource Book for Student. New York: Routledge.

Simanjuntak, M. 1990. Psikolinguistik Perkembangan Teori-Teori Perolehan Fonologi. Jakarta: Gaya Media Pratama. Soetjiningsih. 1995. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC.

Subroto, Edi. 2007. Pengantar Metode Penelitian Linguistik Struktural. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.

Sumarlam (Ed), dkk. 2017. Pemahaman dan Kajian Psikolinguistik. Surakarta: Bukukatta.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.