Perancangan Kapal Tanpa Awak Penebar Pakan Ikan di Wilayah Pesisir Pantai Berbasis Microcontroller Arduino

Aknaf Sam Dabit, Abdillah Ebriel Lianto, Satrya Ady Branta, Fajar Budi Laksono, Aditya Rio Prabowo, Nurul Muhayat

Abstract

Unmanned Surface Vehicle (USV) banyak digunakan di daerah maritim. Di Indonesia ada banyak petani tambak ikan yang masih melakukan proses pemberian pakan ikan secara manual menggunakan tenaga manusia. Untuk pembudidaya ikan yang memiliki kolam 10 m × 4 m atau lebih, hanya bisa menabur pakan ikan di pinggir kolam, sehingga pakan ikan tidak bisa merata hingga ke tengah kolam. Kapal tanpa awak penebar pakan ikan berbasis microcontroller Arduino ini dibuat sebagai solusi untuk masalah petani ikan yang memiliki ukuran kolam besar dalam distribusi pakan ikan lebih merata. Dengan menggunakan kapal tanpa awak penebar pakan ikan berbasis microcontroller Arduino pemberian pakan ikan akan lebih mudah, efisien, dan merata. Tiga sensor ultrasonic yang terpasang dibagian depan kapal terhubung dengan Arduino Due, yang dilanjutkan dengan melakukan paralel dengan Arduino Uno yang mengatur pergerakan servo MG-995 untuk menggerakkan daun kemudi kapal. Kapal dirancang mampu membawa beban pakan ikan sebesar 5 kg dan mampu dioperasikan secara manual maupun otomatis. Pengoperasian otomasi kapal dibantu dengan Arduino Uno dan Arduino Due sebagai pusat pengaturan, dan tiga sensor ultrasonic memberi sinyal dengan menangkap pengahalang didepan kapal, sehingga kapal mampu berbelok sebelum terjadi tabrakan.

Full Text:

PDF

References

M. Zhu, Y.Q. Wen, “Design and Analysis of Collaborative Unmanned Surface- Aerial Vehicle Cruise Systems.” Journal of Advanced Transportation, 2019.

D. Hardianto, W.D. Aryawan, “Pembuatan Konsep Desain Unmanned Surface Vehicle (USV) untuk Monitoring Wilayah Perairan Indonesia.” Jurnal Teknik ITS, Institute Technology Sepuluh Nopember, Surabaya, Indonesia vol. 6, pp. 2337 – 3520, 2017.

M. A. Luhur, W. Amirudin, dan E. S. Hadi, “Analisis Perbedaan Performa Pada Kapal Ikan Dengan Mengubah Bentuk Monohull Menjadi Katamaran.” Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 5, no. 1, pp. 113-119, 2017.

M.S. Seif, E. Amini, “Performance Comparison Between Planing Monohull and Catamaran at High Froude Numbers.” Iranian Journal of Science and Technology vol. 28, pp. 435 – 441, 2004.

K. Tanakitkorn, “A review of unmanned surface vehicle development.” Maritime Technology and Research, Kasersart University, Chonburi, Thailand, vol. 1, pp. 1 – 7, 2019.

Siswanto, I. Rojikin, dan W. Gata, “Pemanfaatan Sensor Suhu DHT-22, Ultrasonik HC-SR04 Untuk Mengendalikan Kolam Dengan Notifikasi Email,” Jurnal Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 544-551, 2017.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.