PREDIKSI SISA UMUR LAYAN MENGGUNAKAN DATA KINERJA JALAN DENGAN METODE PAVEMEN CONDITION INDEX (PCI) PADA RUAS JALAN BATAS KOTA REMBANG – BULU (BATAS PROVINSI JAWA TIMUR)

Ary Setiawan, Florentina Pungky Pramesti, Ari Budidarmawan Waskita Pratama

Abstract

Perkerasan jalan merupakan bagian asal jalur lalu lintas, yang jika kita perhatikan secara struktural pada penampang melintang jalan adalah penampang struktur pada kedudukan yang paling sentral pada suatu badan jalan. Umur perkerasan jalan yang sudah direncanakan dikenyataannya tidak sesuai dengan yang terjadi pada lapangan. Acapkali kondisi jalan sudah mengalami kerusakan sebelum masa layan jalan tersebut habis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitis yaitu memberikan gambaran tentang kondisi perkerasan jalan yang diteliti melalui data sekunder yang berupa Data Pavement Condition Index (PCI) yang diperoleh dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII wilayah Jawa Tengah dan DIY tahun 2019 berdasarkan hasil survei menggunakan mobil Hawkeye 2000. Dari data Pavement Condition Index (PCI) dapat diketahui klasifikasi kondisi perkerasan dan sisa umur layan. Hasil penelitian ini menunjukkan pada perkerasan pada ruas Jalan Batas Kota Rembang-Bulu (Batas Provinsi Jawa Timur) memiliki nilai PCI rata-rata sebesar 66,45% yang diklasifikasikan dalam kondisi jalan Fair. Hasil prediksi sisa umur layan pada segmen jalan yang mempunyai sisa umur di bawah 1 tahun terdapat 9 segmen, kemudian 1-5 tahun terdapat 28 segmen, lalu 6-10 tahun terdapat 5 segmen, sedangkan 11-20 tahun terdapat 5 segmen. Secara keseluruhan segmen jalan hanya terdapat 9 dari 47 segmen yang segera membutuhkan perbaikan dan rehabilitasi.

References

Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Bina Marga 2017. Manual Desain Perkerasan Jalan. Nomor 04/Se/Db/2017. Nabipour, N., Karballaeezadeh, N., Dineva, A., Mosavi, A., Mohammadzadeh S, D., & Shamshirband, S. (2019). Comparative analysis of machine learning models for prediction of remaining service life of flexible pavement. Mathematics, 7(12), 1198. Ontario Good Roads Association, 2009, “Pavement Condition Index 101”, Toronto. Denso North America Inc. Pratama, D. A., Setyawan, A., & Suryoto, S., 2017. “Evaluasi Nilai Kondisi Perkerasan Jalan Nasional Dengan Metode Pavement Condition Index (Pci) Dan Metode Falling Weight Deflectometer (Fwd)(Studi Kasus: Ruas Jalan Klaten-Prambanan)”, Matriks Teknik Sipil, 5(3). Setyawan, Ary, Jolis Nainggolan, and Arif Budiarto, 2015, "Predicting the Remaining Service Life of Road Using Pavement Condition Index", Procedia Engineering. Sukirman, Silvia. 1999. “Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan”, Bandung: Nova. Widodo, A. D., 2018. “Evaluasi Kondisi Perkerasan Dan Prediksi Sisa Umur Perkerasan Lentur Dengan Metode Pavement Condition Index, Bina Marga Dan Metode Mekanistik-Empirik Dengan Program Kenpave (Studi Kasus Ruas Jalan Magelang–Yogyakarta Sta 11±000–Sta 12±000)” (Master's thesis, Universitas Islam Indonesia).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.